PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Tita Boedi Astuti

Abstract


Total Quality Management (TQM) merupakan suatu tehnik untuk meningkatkan performa suatu organisasi baik profit atau non profit secara berkelanjutan pada setiap tingkatan organisasi atau proses dalam setiap wilayah fungsional dalam suatu organisasi dengan menggunakan semua SDM serta modal yang dimiliki. Dalam era globalisasi setiap perusahaan harus menghadapi situasi persaingan yang semakin kompetitif dengan semakin banyaknya pesaing dan menuntut perusahaan harus selalu mampu memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan dan berusaha memenuhinya dengan cara yang lebih unggul daripada yang dilakukan pesaing. Sehingga dalam proses globalisasi ini setiap organisasi untuk selalu tanggap terhadap perubahan. Pengumpulan data dilakukan pada setiap variabel sebagai suatu value dari tiap-tiap responden dapat dan metode analisa data menggunakan perhitungan statistic model analisis regresi dimana nilai koefisien TQM beserta sistem pengukuran kinerja yang berpengaruh positif.

Keywords


pengukuran kinerja; total quality management

Full Text:

PDF

References


Anthony, Robert N. dan Vijay Govindrajan, 2002, Sistem Pengendalian, terjemahan Kurniawan Tjakrawala, Buku 1, Jakarta : Salemba Empat

Cristina, Dian, 2004, Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik TQM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Semarang), Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata (tidak diterbitkan)

Ghozali, I, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit: UNDIP

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 1999, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, Yogyakarta: BPFE

Ittner, D, dan D. F. Larcker, 1995, TQM and The Choice of Information and Reward System, Journal for Accounting Research : hal 1-34

Kurnianingsih, Retno, dan Indriantoro, Nur, 2001, “Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management”, Jurnal Riset Akuntansi : hal 28-43

Maridjo, H. Herry dan Th. Sutadi, 1997, “Dasar dan Konsep Total Quality Management (TQM)”, Widya Dharma, Oktober 1997: hal 13-27

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, edisi ketujuh, Jakarta : PT. Prenhallindo

Mulyadi, 2000, TQM : Prinsip Manajemen Kontemporer Untuk Mengarungi Lingkungan Bisnis Global, Yogyakarta : Adity Media

Mulyadi, 2001, Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat, dan Rekayasa, edisi ketiga, Jakarta : Salemba Empat

Mulyadi, dan Johny Setiawan, 2000, Sistem Perencanaan dan Pengnedalian Manajemen : Sistem Pelipat Ganda, Kinerja Perusahaan, edisi kesatu cetakan pertama, Jakarta : Rineka Cipta

Rifa’i, Muhamad, 2009, Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, Motivasi berprestasi, dan komitemen pada organisasi dengan kinerja dosen pada Universitas dalam Pesantren di Jawa Timur, Disertasi, Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/2418

Siagian, Sondang P,1999, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara

Suhartono, 2000, “Perilaku Manajer dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan”, Kajian Bisnis: hal 65-73

Supriyono, 1993, kuntansi Manajemen I edisi 1, Yogyakarta : BPFE Swastha, Basu, 2000, Azas-azas Manajemen Modern, Yogyakarta : Liberty

Syam, Fazli, BZ dan Kusuma, Indra Wijaya, 2001, “Pengaruh Informasi Akuntansi dan Ketidakpastian Tugas terhadap Perilaku Manajer : Sebuah Eksperimen Semu”, Jurnal Riset Akuntansi : hal 314-328

Umar, Husein, 1998, Riset Akuntansi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum

Wibisono, Dermawan, 1999, Analisis Keterkaitan Variabel Kinerja Dalam Perusahaan: Usahawan

Widjaja Tunggal, AK, MBA, 1993, Manajemen Mutu Terpadu Suatu Pengantar Total Quality Management, cetakan pertama, Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/ref.v7i1.1350

Article metrics

Abstract views : 154 | views : 55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi