KEBIJAKAN TATA RUANG KOTA DAN PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA KEARIFAN LOKAL, KOTA SINGKAWANG

Vincentia Sinka Tiara, Annisa Purwaningsih

Abstract


Potensi budaya dan kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata menjadi bagian dari produk kreativitas manusia yang memiliki nilai ekonomi. Tujuan penelitian adalah menganalisis pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal di Kota Singkawang Kalimantan Barat yang dikemas dalam bentuk Cap Go Meh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui obserasi secara langsung dan indepth interview dengan pihak-pihak terkait penelitian. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah analisa Sternght, Weakness, Opportunity and Threats (SWOT). Analisa Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) digunakan untuk menganalisis potensi dan permasalahan pada pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal pada masing-masing lokasi penelitian termasuk potensi dan permasalahan internal maupun eksternal. Budaya lokal khususnya di Kota Singkawang secara umum memiliki potensi unik yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pariwisata budaya lokal. Strategi peningkatan wisata budaya lokal yang dirumuskan berdasarkan strength, weakness, opportunity dan threats budaya lokal. Strategi pengemasan budaya lokal khususnya budaya lokal Kota Singkawang. Keberadaan Cap Go Meh dapat dijadikan media promosi dan pengenalan daerah tujuan wisata budaya lokal.

Keywords


budaya lokal; kearifan lokal; pariwisata

Full Text:

PDF

References


Asmarini, A. D. (2010). Strategi Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Klaten: Pendekatan Analisis SWOT dan AHP: Lontar Universitas Indonesia. Dipetik Agustus 11, 2017. http://lontar.ui.ac.id

Fitriana, Elvie Dyah. 2019. Implementasi Kebijakan Tata Ruang Wilayah Dalammewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan(Studi Di Kabupaten Magetan). Universitas Brawijaya, Malang.

Freddy, Rangkuti. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Januarius, Zulkarnain. 2019. Alasan Perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang. https://travel.tempo.co diuakses pada 15 Juni 2019, pukul 20.30 WIB

Spillane, James. 2016. Pariwisata Indonesia, Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebuadayaan. Kanisius. Yogyakarta.

Sun, Jhonni. 2016. Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Kepariwisataan Festival Tahunan Cap Go Meh sebagai Upaya Pariwisata Berdasarkan Pasal 14 Ayat (1) Jo. Pasal 23 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan di Kota Singkawang. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Vitasurya, V. R. (2016). Wisdom for Sustainable Development of Rural Tourism, Case on Kalibiru and Lopati Village, Province of Daerah Istimewa Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/ref.v7i1.1344

Article metrics

Abstract views : 49 | views : 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi