Pemanfaatan Penggunaan E-Commerce Pada Usaha Pembibitan Srikaya Jumbo Dan Jambu Madu Deli Di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu
Dyanasari Dyanasari, Eri Yusnita Arvianti, Poppy Indrihastuti
Abstract
Permintaan akan bibit tanaman buah unggul meningkat dari waktu ke waktu Kebutuhan akan pentingnya pemilihan teknik pemasaran yang tepat akan mempengaruhi jumlah penjualan dari usaha tersebut. Media pemasaran yang tepat terutama media pemasaran yang modern sangat diperlukan oleh para mitra di Desa Punten Kota Batu. Melalui program PKM ini diharapkan memberikan terobosan baru di bidang pemanfaatan teknik pemasaran modern E-commerces sehingga usaha pembibitan srikaya jumbo dan jambu madu deli dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat melalui peningkatan kuantitas permintaan terhadap bibit tanaman tersebut, yang pada akhirnya akan mendatangkan tingkat keuntungan yang lebih besar. Metode yang diterapkan pada kedua kelompok ini adalah metode pemberdayaan masyarakat, melalui kegiatan pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan dengan pengenalan teknologi pembuatan pupuk dan E-commerces. Hasilnya dengan E-commerce usaha tersebut bisa dikenal dengan berbagai item pelayanan yang ada mulai dari jenis produk, harga, kegunaan, cara perawatan, dan cara pengiriman. Sehingga jumlah penjualan srikaya jumbo dan jambu madu deli dapat lebih cepat dan bisa lebih terkuantitatifkan
Keywords
E-commerce; jambu madu; srikaya jumbo
References
Fuad, Christine, H., Nurlela., Sugiarto, Paulus, Y.E.F. “Pengantar Bisnis”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2013.
Wibowo, Singgih. “Pedoman Pengelolaan Perusahaan Kecil”. Penebar Swadaya. Jakarta, 2013.
Suyanto, M.“Strategi Periklanan pada E-commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta: Andi Offset, 2010
Jauhari, J. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), (2010); 159–168. https://doi.org/2355-461
Irmawati, D. "Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis". Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011, (November), (2011): 95–112
Nuryanti, "Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM )". Jurnal Ekonomi Manajemen Ekonomi Universitas Riau, 21(4) (2013):15. https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104