Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH

JENIS NASKAH
Naskah berupa hasil pengabdian masyarakat yang bersifat orisinil (karya sendiri) dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah yang telah dikirimkan menjadi hak milik redaksi dan tidak boleh diterbitkan lagi dalam bentuk apapun.

KETENTUAN UMUM PENULISAN
Artikel diketik di kertas (A4) ukuran 210×297 milimeter, Batas atas dan bawah masing-masing adalah 19,3 mm dan 25 mm dan batas kiri dan kanan masing-masing adalah 25 mm dan 20 mm. Jangan melebihi batas (misalnya tulisan, tabel, gambar, dan rumus).
Panjang masing-masing kolom 89 mm. Jarak/spasi antara kedua kolom 5 mm. Paragraf baris pertama 5 mm, rata kanan dan kiri dengan menggunakan Times New Roman 10(tabel dan gambar).

STRUKTUR NASKAH
JUDUL
Judul menggunakan kapital bold, font 12; dengan 1,5 spasi.Jarak antara judul dan nama penulis 1,5 spasi.

NAMA PENULIS
Nama lengkap penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, di bawah nama penulis dicantumkan alamat institusi serta email ditulis, di tengah halaman menggunakan huruf Garamond 12 pt; 1 spasi

ABSTRAK
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia/ Inggris atau keduanya. Abstrak maksimum terdiri atas 200 kata yang ditulis dalam format satu kolom sedangkan kata-kata kunci ditulis dengan huruf kecil maksimum enam kata, dipisahkan dengan titik koma. Ditulis menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, 1 spasi.


ABSTRACT
Abstracts are written in Indonesian / English or both. Maximum abstract consists of 200 words written in a single column format whereas key words are written with a maximum letter of six words, separated by semicolons. Written using Times New Roman letters 12 pt, italic, 1 space.

I. PENDAHULUAN
Pada bagian ini, pengabdi memaparkan fakta-fakta yang menginspirasi dan menjadi fokus pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM). Jika diperlukan, dapat mencantumkan lokasi kegiatan PPM oleh Perguruan Tinggi (PT) yang terlibat.
Paparan adalah persoalan kewilayahan berupa kondisi eksisting sumber daya usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT atau kebutuhan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) di masyarakat.
Untuk UMKM, dipaparkan juga upaya-upaya yang pernah diterimakan pihak lain kepada usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT. Tujuan utama kegiatan PPM juga disampaikan (Untung, 2010: 1).
II. SUMBER INSPIRASI
Bagian ini berisi tentang uraian tentang persoalan atau kebutuhan pokok UMKM, yang disepakati bersama untuk diselesaikan atau tantangan pokok PT yang menjadi target kegiatan.
Sumber inspirasi tidak berarti mitra kerja atau PT sendiri, melainkan tantangan, persoalan atau kebutuhan PT, dunia usaha atau masyarakat yang aktual.
A. Tetapan Halaman
Naskah ini dapat digunakan sebagai halaman untuk penulisan makalah Jurnal Pengabdian ........................... hasil PPM yang diterbitkan Unitri Press Tribhuwana Tunggadewi. Makalah ditulis dengan menggunakan format sebagai berikut, kertas dengan ukuran 210×297 milimeter. Batas atas dan bawah masing-masing adalah 19,3 mm dan 25 mm dan batas kiri dan kanan masing-masing adalah 25 mm dan 20 mm. Jangan melebihi batas (misalnya tulisan, tabel, gambar, dan rumus). Panjang masing-masing kolom 89 mm. Jarak/spasi antara kedua kolom 5 mm. Paragraf baris pertama 5 mm, rata kanan dan kiri dengan menggunakan Times New Roman 10.
B. Bagian Judul
Bagian judul yang pertama diberi penomoran Roman dan diikuti oleh nomor selanjutnya dan diletakkan pada bagian tengah di atas teks. Heading utama diawali dengan huruf kapital/besar.
Judul yang ke dua diberi penomoran dengan huruf kapital begitu juga nomor selanjutnya dan diletakkan tepat di atas paragraf. Setiap awal kata dalam kalimat utama ditulis dengan huruf kapital.
Judul yang ke tiga diberi penomoran arab dan diberi tanda kurung. Judul diletakkan di awal paragraf dan diikuti dengan tanda titik. Huruf pertama pada setiap kata dalam kalimat utama ditulis dengan huruf kapital.
Judul yang ke empat jarang dibutuhkan, tetapi dapat digunakan apabila dibutuhkan. Judul ke empat tidak ditulis dengan huruf kapital kemudian diikuti dengan tanda kurung. Judul diletakkan di awal paragraf dan diikuti dengan tanda titik. Hanya kata pada kalimat pertama yang ditulis dengan huruf kapital.
III. METODE KEGIATAN
Pada bagian ini penulis menguraikan teknik atau cara menyelesaikan tantangan, persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan atau kesepakatan bersama. Dapat dipilih salah satu metode atau kombinasi dua atau beberapa metode berikut ini.
o Pendidikan Masyarakat
Untuk kegiatan a) training seperti in-house training; b) continuing education; c) training penyegaran keilmuan, d) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman (misalnya dalam bidang hukum, agama, peraturan) sehingga menyadarkan masyarakat akan adanya kemungkinan kesalah-pahaman sehingga dapat dicari jalan keluarnya.
o Konsultasi
Untuk kegiatan dimana persoalan atau kebutuhan usaha kecil/menengah atau masyarakat diselesaikan melalui jasa konsultasi dengan PT.
o Difusi Ipteks
Untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen baik internal maupun eksternal PT.
o Pelatihan
Untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan, diikuti dengan demonstrasi untuk mengkonstruksikan atau merealisasikannya; b) pelatihan mengoperasikan sistem atau peralatan yang dihibahkan; c) atau pembentukan kelompok wirausaha baru, d) pena-waran jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat oleh PT.
o Mediasi
Untuk kegiatan a) pelaksana PPM dalam kegiatannya menempatkan diri sebagai penengah atau mediator dari pihak-pihak yang bertikai; b) atau bersama-sama masyarakat menyelesaikan persoalan yang memerlukan jasa institusi pemerintah atau swasta.
o Simulasi Ipteks
Untuk kegiatan di mana karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya yang bertujuan guna menjelaskan tentang sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebagaimana seharusnya secara fisik atau nyata.
o Substitusi Ipteks
Untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru, lebih modern dan efisien kepada usaha kecil/menengah, masyarakat dengan menggantikan penguasaan ipteks lama.
A. Gambar dan Tabel
Lebih baik menggunakan kalimat daripada simbol/lambang. Sebagai contoh, tulis kuantitas “Magnetization,” atau “Magnetization, M,” tidak hanya dengan “M.” Beri satuan dalam tanda kurung. Jangan hanya memberi satuan pada masing-masing sumbu grafik. Sebagaimana pada Gbr. 1, tulis “Magnetization (kA/m)” atau “Magnetization (kA•m-1),” tidak hanya “kA/m.” Jangan memberi keterangan pada sumbu grafik dengan perbandingan kuantitas dan satuan. Sebagai contoh, tuliskan “Temperature (K),” bukan “Temperature/K.” Keterangan gambar harus dapat dibaca dengan mudah, menggunakan font 8.

Gambar 1. Contoh gambar
Foto-foto yang relevan dengan jasa atau barang yang dituliskan sebelumnya sebagai karya utama. Gambar dan tabel yang berukuran besar mungkin akan membutuhkan dua kolom, tetapi tidak diperbolehkan melebihi batas halaman. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar; keterangan tabel diletakkan di atas tabel. Jangan memberi keterangan dalam “text box” yang terhubung dengan gambar. Jangan memberi pembatas/garis pada gambar. Hindari menempatkan gambar dan tabel sebelum dijelaskan dalam teks. Gunakan singkatan “Gbr. 1,” kecuali pada awal kalimat.
TABEL 1. UKURAN DAN GAYA PENULISAN MAKALAH
Ukuran font Untuk penulisan Penampilan Khusus
8 Judul gambar, tabel
10 Teks pada artikel ilmiah, abstrak, kata kunci, informasi tentang penulis
11 Subheading, section titles, nama penulis Bold untuk section titles
18 Judul

B. Satuan
Satuan metrik lebih banyak digunakan dalam publikasi di tengah perbedaan persepsi dan kenyamanan penggunaan satuan tersebut dalam berbagai bidang. Khususnya, penggunaan Sistem Satuan Internasional (SI) yang telah diterima sebagai satuan utama di dunia internasional. Sistem ini termasuk subsistem satuan dasar seperti meter, kilogram, second, dan ampere (MKSA).
o Gunakan satuan SI (MKS) or CGS sebagai satuan utama. Satuan British Satuan British mungkin digunakan sebagai satuan sekunder (dalam tanda kurung). Sebuah pengecualian diberikan apabila satuan British digunakan dalam perdagangan, seperti “3.5-inch disk drive”.
o Hindari kombinasi satuan SI dan CGS, seperti arus listrik dengan ampere dan medan magnet dengan oersteds. Hal ini akan mengakibatkan kesalahan karena perbedaan dimensional. Jika terpaksa akan menggunakan satuan campuran, secara jelas dinyatakan di dalam persamaan.
o Jangan mencampur-adukkan cara penulisan satuan dengan pengucapan dan singkatan satuan: “Wb/m2” atau “webers per meter persegi”, tidak “webers/m2”.
o Gunakan nol sebelum koma desimal: “0,25”, tidak “,25”. Gunakan “cm3”, bukan “cc”.
C. Penulisan Persamaan
Gunakan Microsoft Equation Editor atau MathType, tambahkan pada semua rumus pada paper (Insert | Microsoft Equation or MathType Equation). “Float over text” tidak harus dipilih. Untuk melengkapi persamaan, bisa menggunakan solidus (/), fungsi eksponensial, atau eksponensial yang sesuai. Simbol roman italic untuk kuantitatif dan variabel tapi bukan untuk simbol Yunani. Lebih baik menggunakan garis panjang daripada tanda hubung untuk memberi tanda minus. Gunakan tanda kurung untuk menghindari ambiguitas penyebut.
Persamaan diberi nomor sesuai dengan pemuncu-lannya dan nomor diberi tanda kurung pada bagian kanan persamaan. Pastikan bahwa simbol pada persamaan telah didefinisikan sebelum dimunculkan.

Gunakan “(1),” bukan “Pers. (1)” atau “persamaan (1),” kecuali pada awal kalimat: “Persamaan (1) adalah menjelaskan ....”
IV. KARYA UTAMA
Pada bagian ini menguraikan atau memuat tentang istilah atau model (untuk jasa, keterampilan baru, sosial budaya baru), dimensi dan spesifikasi (untuk barang/peralatan) yang menjadi karya utama kegiatan sebagai solusi yang diterimakan kepada masyarakat langsung ataupun tidak langsung.
Penulis memaparkan data hasil PPM dan teknik pengumpulan dan analisis data. Foto-foto yang relevan dengan jasa atau barang yang dihasilkan hendaknya ditampilkan sebagai karya utama.
A. Penomoran
Penomoran untuk sitasi referensi menggunakan tanda kurung [1]. Pemberian tanda baca pada kalimat berupa tanda kurung [2]. Apabila referensi yang digunakan lebih dari satu referensi maka ditulis sebagai berikut [2], [3] masing-masing nomor referensi dipisahkan dengan tanda hubung [1]-[3]. Mengacu pada penomeran yang sederhana, seperti [3]. Jangan menggunakan “Ref. [3]” atau “Referensi [3]” kecuali pada awal kalimat: “Referensi [3] menunjukkan….”
Penomeran footnote dipisahkan dengan menggu-nakan superscripts. Penempatan footnote utama pada bagian bawah kolom di mana kata/kalimat itu disitasi. Jangan meletakkan footnote pada daftar pustaka. Gunakan huruf untuk footnote.
Tabel dan gambar menggunakan penomeran arab Times new roman. Apendik gambar dan tabel diberi nomer berurutan sesuai dengan pemunculan tabel dan gambar tersebut.
TABEL 2. GAYA PENULISAN TABEL FOOTNOTE
Table Head Table Column Head
Table column subhead Subhead Subhead
Copy More table copya
aSample of a Table footnote.
B. Singkatan dan Akronim
Singkatan dan akronim yang digunakan dalam paper sedikit dijelaskan di awal kalimat, meskipun telah dijelaskan pada abstrak. Singkatan seperti IEEE, SI, MKS, CGS, ac, dc, dan rms tidak harus didefinisikan. Jangan menggunakan singkatan pada judul meskipun hal tersebut tidak dilarang.
V. ULASAN KARYA
Pada bagian ini, penulis menguraikan tentang: keunggulan dan kelemahan karya yang disebutkan dalam Karya Utama diserasikan dengan kondisi usaha kecil/menengah, masyarakat atau konsumen. Juga disampaikan tingkat kesulitan pelaksanaan atau pembuatannya dan peluang untuk pemasalahannya.
Jika memungkinkan, dapat disampaikan karya baru yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini agar memungkinkan alat/metode baru agar memiliki nilai penting dan strategis berkenaan dengan penguatan sektor riil pada masyarakat.
VI. KESIMPULAN
Pada bagian ini, penulis memaparkan tingkat ketercapaian target kegiatan di lapangan (secara kuantitatif). Paparan tingkat ketercapaian ini tidak berlaku jika program merupakan mono-tahun karena tingkat ketercapaian harus 100%.
Juga perlu dipaparkan tentang ketepatan antara persoalan, kebutuhan atau tantangan yang ditangani dan metode yang diterapkan.
VII. DAMPAK DAN MANFAAT KEGIATAN
Pada bagian ini, penulis menguraikan tentang perubahan sosial atau budaya mitra menggunakan indikator kinerja yang umum digunakan di bidang keilmuan masing-masing (termasuk di dalamnya peru-bahan dalam kemampuan mengelola pembukuan, penggunaan internet dalam pemasaran, sadar lingku-ngan, dan lain-lain).
Perkembangan perekonomian mitra atau PT setelah kegiatan berakhir menggunakan indikator kinerja perusahaan seperti omzet atau revenue tahunan atau lainnya. Hal ini dapat juga ditampilkan dalam bentuk grafik untuk menunjukkan adanya peningkatan omzet tahunan. Penulis juga dapat menyampaikan langkah pemberdayaan ke depan. Kegiatan ini bisa melibatkan beberapa pihak yang berkompeten.
VIII. DAFTAR PUSTAKA
Pustaka sangat penting untuk para pembaca. Oleh karena itu setiap pensitasian harus lengkap dan benar. Gaya penulisan daftar pustaka adalah yang direko-mendasikan oleh Modern Language Association of America (MLA), dipakai secara luas dalam humanities, terutama dalam bidang bahasa dan sastra.
Untuk mendokumentasikan sumber laporan dalam teks menggunakan gaya MLA, sisipkan nama keluarga peng¬arang dan nomor halaman di dalam tanda kurung di bela¬kang materi yang dikutip: (Sutanto, 63). Apabila nama pengarang disebut dalam referensi teks, nama itu dapat dihilangkan dari kutipan dalam tanda kurung: (63). Kutipan menunjukkan bahwa referensi berasal dari hala¬man 63 hasil karya Sutanto. Dengan nama pengarang, pembaca dapat menemukan informasi publikasi lengkap dalam daftar karya yang dikutip, ditulis mengikuti model Vancouver (berdasar atas nomor urut) di daftar pustaka laporan.
Tuliskan satu referensi untuk setiap nomer. Jika referensi diambil dari dua sumber, masing-masing dituliskan. Tuliskan nama lengkap penulis seluruhnya dan jangan menggunakan et al.
Contoh format mengikuti gaya MLA adalah sebagai berikut.
Artikel jurnal dengan volume dan nomor:
[1] Assira, James, “Are They Speaking English in Japan?” Journal of Business Communication 36. 4 (1999): 72.
Brosur:
[2] BestTemp Staffing Services. An Employer's Guide to Staffing Services, 2nd ed. Denver: BestTemp Information Center, 1997.
Artikel surat kabar, tanpa pengarang:
[3] “Buying Asian Supplies on the Net,” Los Angeles Times, 12 February 2007, sec. D3.
Laporan tahunan:
[4] Eurotec, 2008 Annual Report. New York: Eurotec, Inc., 2008.
Artikel Majalah:
[5] Graves, Holly. “Prospecting Online.” Business Week, 17 November 2009, 43–45.
Siaran Televisi:
[6] Han, Daniel. “Trade Wars Heating Up Around the Globe.” CNN Headline News. Atlanta: CNN, 5 March 2009.
Internet, World Wide Web:
[7] Intel–Company Capsule.” Hoover's Online. 8 March 2009. .
Buku, bagian komponen:
[8] Kuntz, Sonja. Moving Beyond Benefits. Our Changing Workforce. Ed. Randolf Jacobson. New York, .: Citadel Press, 2008. 213–227.
Disertasi atau tesis:
[9] Morales, George H. “The Economic Pressures on Industrialized Nations in a Global Economy.” Ph.D. diss., University of San Diego, 2008. Abstract in Dissertation Abstracts International 52 (2008): 5436C-5437C.
Makalah dalam pertemuan ilmiah:
[10] Myers, Charles. “HMOs in Today's Environment.” Conference on Medical Insurance Solutions, Chicago, IL., August 2008.
Artikel majalah online:
[11] Norwalk, Preston. “Training Managers to Help Employees Accept Change.” Business Line 17 September 2009 .
Artikel ensiklopedia CD-ROM, satu pengarang:
[12] Parkings, Robert. “George Eastman.” The Concise Columbia Encyclopedia. CD-ROM. New York: Columbia University Press, 2005.
Artikel surat kabar, satu pengarang:
[13] Standish, Evelyn. “Global Market Crushes OPEC's Delicate Balance of Interests.” Wall Street Journal, 19 January 2009, p. A1.
Wawancara:
[14] Stainer, Georgia, communications manager, Day Cable and Communications. Interview by author. Topeka, Kansas, 2 March 2007.
Buku, dua pengarang:
[15] Toller, Miriam, dan Jay Fielding. Global Business for Smaller Companies. Rocklin, Calif.: Prima Publishing, 1998.
Publikasi pemerintah:
[16] U.S. Department of Defense. Stretching Research Dollars: Survival Advice for Universities and Government Labs. Washington, D.C.: GPO, 2009.
Laporan Penelitian [sumber dari laporan penelitian]:
[17] E. E. Reber, R. L. Mitchell, and C. J. Carter, "Oxygen absorption in the Earth's atmosphere," Aerospace Corp., Los Angeles, CA, Tech. Rep. TR-0200 (4230-46)-3, Nov. 1968.
[18] S. L. Talleen. (1996, Apr.). The Intranet Architecture: Managing information in the new paradigm. Amdahl Corp., Sunnyvale, CA. [Online]. Available: http://www.amdahl.com/ doc/products/bsg/intra/ infra/html.
Paper yang dipresentasikan pada Seminar (tidak dipublikasikan):
[19] D. Ebehard and E. Voges, “Digital single sideband detection for interferometric sensors,” presented at the 2nd Int. Conf. Optical Fiber Sensors, Stuttgart, Germany, 1984.
[20] Process Corp., Framingham, MA. Intranets: Internet technologies deployed behind the firewall for corporate productivity. Presented at INET96 Annu. Meeting. [Online]. Available: http://home.process.com/ Intranets/wp2.htp
Standard:
[21] IEEE Guide for Application of Power Apparatus Bushings, IEEE Standard C57.19.100-1995, Aug. 1995.
Hak cipta:
[22] G. Brandli and M. Dick, "Alternating current fed power supply," U.S. Patent 4 084 217, Nov. 4, 1978.
IX. PENGHARGAAN
Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang paling berperan dalam membantu kelancaran kegiatan dan/ atau keberhasilan. Ucapan terima kasih disampaikan kepada penyandang dana, Mitra Kerja, pemerintah kabupaten atau kota, Pimpinan PT, dan sebagainya, yang dalam hal ini disesuaikan oleh penulis.


CONTACT PERSON :
Ronasari Mahaji Putri : 082132872259(WA)/085791580526
Email : [email protected]

KONTRIBUSI
Naskah yang dimuat dikenakan biaya cetak Rp 350.000,-(tiga ratus lima puluh ribu rupiah)

Penulis mendapatkan satu jurnal cetak JAPI

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.