PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN SUSU KEDELAI MENJADI PANGAN FUNGSIONAL SOYAGURT DAN TAWASUTRA DI KECAMATAN KARANGPLOSO DAN SUKUN KABUPATEN MALANG

Manik Eirry Sawitri, Abdul Manab, Suprih B Siswijono, Premy Puspitawati Rahayu, Ria Dewi Andriani

Abstract

Tujuan pelaksanaan IbM adalah transfer teknologi fermentasi dan koagulasi susu kedelai serta teknik pengemasan dan pemasaran dilakukan pada UKM Dewanta Jaya dan UKM Nutridelin, sehingga dapat diproduksi soyagurt dan tahu susu kedelai ekstrak (Tawasutra). Susu kedelai pasteurisasi yang biasa diproduksi dapat didiversifikasi usaha yaitu terciptanya soyagurt melalui teknologi fermentasi dengan starter yoghurt yang mengandung Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, sebagai pangan fungsional, dikemas dalam cup dengan cup sealer, serta penerapan teknologi koagulasi dengan negarin sebagai bahan penggumpal dapat diproduksi tawasutra, dikemas dengan kemasan plastik melalui metode impulse sealer. Penyimpanan soyagurt dan tawasutra dilakukan dalam showcase dan dipasarkan dalam cool box yang dilengkapi dengan blue ice, sehingga produk dapat dipertahankan kualitasnya. Manajemen produksi diterapkan meliputi uji kualitas produk, GMP dan SSOP. Kedua produk telah mendapatkan no ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) serta pendampingan pengelolaan business plan telah pula dilaksanakan. Disimpulkan bahwa inovasi teknologi fermentasi dan koagulasi serta teknik pengemasan, penyimpanan dan pemasaran yang benar dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan UKM melalui pengelolaan analisa usahanya

Keywords

susu kedelai; soyagurt; tawasutra

Full Text:

PDF

References

Anonimus. 2006. Karakteristik Kedelai Sebagai Bahan Pangan Fungsional. E-Book Pangan.com.

Aswal, P., A. Shukla and S. Priyadarshi. 2012. Youghurt: Preparation, Characteristics and Recent Advancements. Cibtech Journal of Bio-Protocols Vol. 1 (2-3), pp. 32-33.

Haryanto, B. 1991. Subsitusi Susu Kedelai pada Pembuatan Tahu Susu dengan Koagulan Asam Cuka. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Masruroh, Z. I. dan S. A. N. Afifah. 2013. Pengaruh Proporsi Kacang Kedelai dengan Kacang Merah dan Konsentrasi Glucono Delta Lactone (GDL) terhadap Mutu Organoleptik Tahu Sutra. Ejournal boga Vol. 2 N0. 1: 164 – 174.

Palupi, N. S. 2013. Pangan Fungsional Dalam Pola Konsumsi Pangan Untuk Hidup Sehat Aktif dan Produktif. Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. Fakultas Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor.

Susilorini, T.E dan M.E. Sawitri. 2009.Produk Olahan Susu. P.T.Penebar Swadaya. Jakarta.

Smith and Cagindi. 2003. Kefir:A Probiotic Dairy-Composition, Nutritional and Therapeutic Aspects. Pakistan Journal of Nutrition 2(2):54-59.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.