IbM UKM Kerupuk Ikan Di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur

Azimmatul Ihwah Zainuri, Danang Triagus Setiyawan

Abstract

Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Kerupuk yang diproduksi oleh mayoritas pengrajin adalah dalam bentuk ‘mentah’. Bahan baku pembuatan kerupuk berupa ikan sangat melimpah di desa ini dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Ikan yang digunakan untuk bahan baku pembuatan kerupuk adalah ikan payus, laosan dan pahat. Terdapat sekitar 10 keluarga pengrajin kerupuk ikan di Desa Pangkah Wetan yang aktif berproduksi. Kendala yang dihadapi oleh pengrajin disini rata-rata sama. Kendala yang dihadapi saat ini adalah dalam proses produksi. Alat produksi yang digunakan pengrajin dalam melakukan proses produksi semuanya masih manual. Alat produksi yang masih manual ini berdampak pula pada jam kerja yang tidak efektif serta hasil produksi yang dihasilkan tidak maksimal. Kemasan kerupuk dapat dikatakan kurang menarik. Pengemasnya berupa kantong plastik ukuran 0.5 kg, kemudian ditutup dengan staples atau karet gelang, tanpa ada informasi sama sekali mengenai berat bersih maupun komposisi bahan. Teknologi yang diintroduksi kepada pengrajin melalui fasilitasi alat berupa mesin pencampur adonan kerupuk, mesin pencetak adonan kerupuk lontongan, mesin pemotong adonan lontongan dan hand sealer (pengemas) memenuhi syarat LLM (Low Technology, Low Investment dan Markettable). Selain itu dilaksanakan pelatihan perbaikan bentuk produk serta kemasan produk dengan memberikan materi pentingnya kemasan yang baik dan informasi apa saja yang harus tercantum pada kemasan produk. Monitoring dan evaluasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk memantau kekonsistenan dan kendala pemakaian alat produksi yang telah ditrensfer ke UKM mitra.

Keywords

kerupuk ikan; mesin pencampur; mesin pencetak; mesin pemotong; pelatihan

Full Text:

PDF PDF

References

Balai Besar Kimia dan Kemasan. Peraturan Kemasan dan Pedoman Umum Pelabelan. BBKK. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Jakarta,2014.

Hollensen , S. Marketing Management-A Relationship Approach, Upper Saddle River’. New Jersey: Prentice Hall, 2003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.