Tata Kelola Tanah Fasum Sebagai Lahan Ternak Lele Dalam Meningkatkan Perekonomian Warga

Sri Andika Putri, Debora Budiyono, Astri Sumiati, Hendra Kurniawan

Abstract

RW 09 Kelurahan Merjosari merupakan RW yang dianggap aktif dan menghasilkan banyak sekali penghargaan. Saat ini warga sedang berusaha untuk membuat sebuah lahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan nilai ekonomi. Lahan ini sebenarnya lahan fasum yang selama ini tidak digunakan oleh warga, maka untuk saat sekarang warga berusaha untuk memanfaatkan lahan ini. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu warga menata lahan agar dapat digunakan secara efektif dan membantu warga untuk menghasilkan laba dari usaha yang diolah dilahan ini. Salah satu hasil produk dari lahan ini adalah ternak lele. Ternak lele diharapkan dapat dilakukan warga secara berkelanjutan dan menghasilkan laba yang dapat digunakan warga untuk kepentingan warganya kembali. Tata kelola lahan untuk budidaya ternak lele tentu harus memiliki keahlian khusus, karena itu desain tata kelola dibuat seefektif mungkin agar lahan yang terbatas bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Hasil ternak yang dihasilkan dari pemanfaatan lahan yang baik juga menjadi maksimal.

Keywords

Laba Usaha; Tata Kelola; Ternak Lele

Full Text:

PDF

References

Setyonugoho, Arif, Rahayu, A.T., dan Kristiawan, Y. 2019. Peningkatan Hasil Ternak Lele Dengan Pengolahan Pakan Plus Secara Mandiri. Jurnal Suluah Bendang, 19(3):135-143.

Sufianto dan Dadang. 2020. Pasang Surut Otonomi Daerah Indonesia. Jurnal Academia Praja, 3(2):271-288.

Mujahidin dan Yulianto, A. 2023. Leleku Berkualitas: Usaha Ternak Lele Di Desa Blukbuk. Jurnal JECMER, 1(2):31-45.

Nurhidayat, Rijal. 2020. Pengendalian Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Lele Jenis Mutiara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik, 1(2): 42-50.

Surya, Awang, Wilarso, Very Surya Hendrawan, Mustofa Idris. 2023. Strategi Pengambangan Usaha Pada Usaha Ternak Lele As-Salaam. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 13(2): 10-18.

Purwananti dan Oki, V. 2022. Pakan lele alternatif alami dan buatan lengkap dengan caranya. Diakses pada 20 Februari 2024. http//:PakanIkanLeleAlternatifAlamidanBuatanLengkapDengan Caranya-erakini.com

Basuki, Aryo, K., Hari, S., dan Musrorah, A. 2022. Pembuatan Hidroponik Sederhana dan Ternak Lele Di Ember Sebagai Peluang Usaha Di Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains, 1(1):35-45.

Pujianto, A. 2020. Peningkatan Manajemen Pengelolaan Usaha Ternak Lele Melalui Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Berbasis Online. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, Halaman 1-5.

Novianti, Ros, K.R.K., dan Sa’diyah, C. 2021.Pendampingan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Budidaya Ternal Lele. Jurnal Solidaritas, 4(2):187-193.

Annisa, Tri, I., Deviastri, L., dan Novesar, M.R. 2021. Pelatihan dan Bimbingan Budidaya Ternak Lele Dalam Ember Ditengah Ibu Kota Jakarta. Jurnal CEEJ, 2(2):200-2005.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.