Aplikasi Pupuk Organik Pada Budidaya Mawar Di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Anna Satyana Karyawati, Aldila Putri Rahayu, Akbar Saitama, Andi Kurniawan, Deffi Armita, Ellis Nihayati, M. Roviq M. Roviq, Nunun Barunawati, Titiek Islami, M. Dawam Maghfoer

Abstract

Proses budidaya bunga mawar memerlukan penerapan sistem pertanian konvensional dengan penggunaan pupuk, pestisida, dan herbisida berbahan kimia sintetik masif dilakukan oleh petani. Dalam jangka panjang, kondisi ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kesuburan tanah secara fisik, kimiawi ataupun biologis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh di lapang tentang manfaat dan hasil yang diperoleh dari penggunaan pupuk organik (kompos) sisa panen bunga mawar dan perbandingannya dengan penggunaan pupuk kimia serta ditinjau dari segi efisiensi usaha tani. Kegiatan ini dilakukan dilaksanakan mulai bulan Mei sampai Desember 2022 bertempat di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kegiatan di awali dengan dilakukanya survei lahan mawar di kota tujuan, dilanjutkan dengan 3 kegiatan utama, meliputi: 1) pertemuan diskusi dan penyuluhan dengan petani di ikuti dengan pembagian kuesioner, 2) praktik lapang aplikasi kompos, dan 3) evaluasi keberhasilan program melalui pengambilan data kuesioner dari petani. Aplikasi pupuk kompos limbah mawar adalah sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan hasil panen mawar untuk dapat menambahan nilai jual dan kebermanfaatan produk. Penggunaan pupuk organik dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bibit mawar. Di saat yang bersamaan, konversi limbah mawar menjadi pupuk organik dapat menambah pemasukan bagi petani dan secara tidak langsung akan dapat menekan biaya produksi dalam budidaya mawar. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa lebih dari 70 % petani yang ikut kegiatan menyatakan telah mengetahui dampak negatif pupuk kimia, serta telah mengetahui apa itu pupuk organik dan aplikasinya pada tanaman. Terlebih lagi, sebagian besar petani juga telah menerapkan pupuk organik dalam budidaya mawar, meskipun diberikan secara bersamaan atau berselang dengan pupuk anorganik.

Keywords

florikultura; limbah mawar; pupuk organik

Full Text:

PDF

References

Hadi, S., Prayuginingsih, H., dan Akhmadi, A. N. 2019. Peran Kelompok Tani dan Persepsi Petani terhadap Penerapan Budidaya Padi Organik Di Kabupaten Jember. Jurnal Penyuluhan, 15(2):154-168.

Jailani. 2022. Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Licopersicum esculentum Mill.). Serambi Saintia Jurnal Sains dan Aplikasi, 10(1):1-8.

Mansyur, F.A.D.L.I. 2016. Tingkat pengetahuan petani Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Pupuk Anorganik terhadap Produksi Padi di Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Prasetyo, W., Santosa, M., dan Wardiyati, T. 2013. Pengaruh Beberapa Macam Kombinasi Pupuk Organik dan Anorganik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis. J. Produksi Tanaman, 1(3):79-86.

Ratnasari, S., Fitriawan, F., dan Miftahudin. 2022. Fasilitasi Peternak Kambing dalam Pembuatan Pupuk Kompos di Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1):147-155.

Rosalina, F., Sukmawati, S., dan Febriadi, I. 2021. Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Upaya Pengurangan Ketergantungan Pupuk Kimia kepada Kelompok Tani di Keluarah Majener. DedikasiMU: Journal Of Community Service, 3(4):1190-1198.

Salam, A.K., Higgins, C.M., Dietzgen, R.G., Akin, M.H., Sudarsono, K.C., dan Xu, Z. 2012. Ilmu Tanah Fundamental. Current Topics in Virology.

Supartha, I.N.Y., Wijana, G.E.D.E., dan Adnyana, G.M. 2012. Aplikasi Jenis Pupuk Organik pada Tanaman Padi Sistem Pertanian Organik. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 1(2):98-106.

Supiani dan Sinaini, L. 2020. Analisis Pendapatan Usaha Tanaman Hias (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri Di Desa Bangunsari Kabupaten Muna). Paradigma Agribisnis, 3(1):1-6.

Wahyanto, T.Y., Setyobudi, L., dan Herlina, N. 2012. Studi Problematik Budidaya Tanaman Mawar (Rosa sp.). Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.