Optimasi Pengelolaan Zakat, Infaq, Dan Sadaqah (ZIS) Melalui Sistem Informasi Berbasis Single Page Application (SPA) Di DKM Masjid Riyadhul Jannah Ciwastra, Kota Bandung

Adi Purnama, Atep Aulia Rahman, Esa Fauzi, Bagus Alit Prasetyo, Alif Nuryana, Husni Robani

Abstract

Pengelolaan kegiatan keagamaan seperti Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) di DKM Masjid Riyadhul Jannah saat ini masih dilakukan secara manual, yang menimbulkan beberapa permasalahan yang signifikan. Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya efektivitas dalam pengawasan keuangan dan penanganan infaq, kurangnya efisiensi dalam proses administratif terkait zakat dan sadaqoh, serta risiko tinggi terkait kehilangan data yang memiliki nilai penting. Dalam era perkembangan teknologi digital yang pesat, situs web telah menjadi sarana yang relevan untuk menyimpan, mengelola, dan menyajikan data dengan akurat dan efisien. Pendekatan khusus menggunakan Single Page Application (SPA) semakin menambah keunggulan dalam menyediakan pengalaman pengguna yang lebih interaktif dan responsif. Dengan demikian, pengembangan dan implementasi SPA berbasis website menjadi solusi yang sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui langkah ini, diharapkan DKM Masjid Riyadhul Jannah dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan, mengurangi risiko yang mungkin terjadi, serta memberikan pelayanan yang lebih efektif kepada jamaah dan masyarakat umum. Dengan adopsi teknologi informasi yang tepat, DKM Masjid Riyadhul Jannah dapat memperoleh manfaat signifikan dalam pengelolaan ZIS, menjadikannya lebih efisien dan adaptif terhadap tuntutan zaman serta memperkuat peran sosial dan spiritualnya dalam masyarakat.

Keywords

pencatatan keuangan; pengelolaan ZIS; single page application; teknologi digital; website

Full Text:

PDF

References

Purwanti, D. 2020. Pengaruh Zakat, Infak, dan Sedekah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1):101-107.

Supriyanto, E., Abbas, A.S., dan Iswandi, I. 2023. Tinjauan Terhadap Pendistribusian Zakat di Masjid Al-Furqan Haurgeulis Indramayu (Studi Komparatif: Hukum Positif dan Hukum Islam). Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1):30-36.

Aji, R.I.P dan Damanuri, A. 2022. Analisis Pengelolaan Infak melalui Keterbukaan Informasi pada Mushola Al Barokah Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. NIDHOMIYA: Research Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 1(2)44-68.

Setyawan, N., Nasar, M., Zulfatman., dan Fajar, D.N. 2021. Penerapan Islamic Platform Sistem Informasi Manajemen Masjid di Lingkungan PCM Karangploso Malang. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2):253-263.

Hartanto, O.T dan Ratama, N. 2023. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Zakat Infaq dan Shodaqoh Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasis Web (Studi Kasus: Masjid At-Taubah Bojong Nangka Tangerang). JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation, 1(2):143-148.

Santoso, M.F. 2021. Teknik Single Page Application (SPA) Layout Web Dengan Menggunakan React Js dan Bootstrap. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 9(2):107-114.

Kornienko, D.V., Mishina, S.V., dan Melnikov, M.O. 2021. The Single Page Application architecture when developing secure Web services. Journal of Physics: Conference, Bristol, England, 2091(012065):1-12.

Alip, Kosasi, S., Yuliani, I.D.A.E., Syarifudin, G., dan David. 2021. Implementasi Arsitektur Model View Controller Pada Website Toko Online. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 3(2):135-150.

Gadam, S. 2023. What is iterative and incremental development? Process, examples. [Internet]. Diakses pada 8 Februari 2024. https://blog.logrocket.com/product-management/what-is-iterative-incremental-development-process-examples/.

Sabilillah, R.M dan Iswandi, I. 2023. Praktik Pendistribusian Zakat Mal Ditinjau Berdasarkan Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus Pada DKM Baitur Rahman Eramas 2000 Jakarta Timur). Jurnal Hukum dan HAM Wara Sains, 2(4):231-243.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.