Pendampingan Penyusunan Laporan Perpajakan Berbasis SAK-EMKM Bagi Usaha Mikro Putra Usaha Di Desa Kaliwungu, Kudus

Khoirul Fuad, Winarsih Winarsih, Retno Tri Handayani

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk dalam kategori negara yang sedang berkembang disebabkan karena beberapa hal, yaitu tingkat pendapatan masyarakat yang rendah, lapangan kerja yang masih terbatas serta pertumbuhan penduduk yang cepat. Untuk mengimbangi permasalahan tersebut maka dibutuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar membantu peningkatan perekonomian di Indonesia. Salah satu kendala yang dihadapi UMKM saat ini adalah terbatasnya pengetahuan akan kewajiban perpajakan serta tingginya tarif pajak yang harus dibayarkan ke negara. Kesadaran akan permasalahan ini membuat pemerintah menyikapinya dengan mengeluarkan peraturan perpajakan nomor 23 Tahun 2018 tentang keringanan pajak untuk pelaku UMKM. Pada pengabdian ini tim memberikan sebuah pendampingan dan pelatihan pajak bagi pelaku UMKM yaitu Putra Usaha dalam mengelola kewajiban perpajakannya agar sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah. UMKM Putra Usaha pada pengabdian tahun sebelumnya dengan Tim Pengabdian juga telah bekerjasama dalam hal penyusunan laporan keuangan berbasis digital dan untuk tahun ini ditindaklanjuti dengan pendampingan penyusunan laporan perpajakan yang sesuai dengan standar yang ada. Proses kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara langsung ditempat usaha dari UMKM Putra Usaha yang terletak di Kabupaten Kudus. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah UMKM secara langsung bisa memahami dan mengetahui tarif pajak bagi usahanya dan selanjutnya bisa menghitung sendiri sesuai dengan prinsip perpajakan di Indonesia yaitu self asessment

Keywords

aporan perpajakan; SAK EMKM; usaha mikro

Full Text:

PDF

References

Yulistiani, V., Yusup, M., Rahman, S.R, Lasmaya, M.S., Pasundan, S. 2022. Pengaruh Insentif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada salah satu KPP di Kota Bandung). Acman Account Manag Journal, 2(1):20-30.

Setyaningsih, E.D., Harsono, M. 2021. Perilaku UMKM Terhadap Pelaksanaan Pemungutan Pajak UMKM Dengan Menggunakan Self Assessment System. Journal Akuntansi dan Keuangan, 8(1):51-5.

Melatnebar, B, Susanti, M. 2022. Pelatihan Literasi Pajak UMKM Berbasis Harmonisasi Undang-Undang Pajak Pada UMKM Kotabumi Tanggerang. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2):8-16.

Triatmoko, H., Suranta, S., Juliati, Wulandari, T.R., Zoraifi, R., Endiramurti, S.R. 2022. Pendampingan Pelaporan Perpajakan Bagi Wajib Pajak UMKM. Jurnal Budimas, 4(1):1-12.

Rachmawati, N.A, Ramayanti, R, Muyassaroh M., dan Opti, S. 2021. Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Wajib Pajak UMKM Berbasis SAK EMKM Sebagai Dasar Pelaporan SPT Tahunan. Jurnal Abdimas BS, 4(2):199-208.

Sinatraz, V dan Suhartono, S. 2021. Jurnal Akuntansi dan Pajak. J Akunt dan Pajak, 6(1):1-13.

Firmansyah, D., Saepuloh, D., dan Susetyo, D.P. 2020. Akuntansi Manajemen Informasi dan Alternatif Untuk Pengambilan Keputusan. PT. Bidara Cendekia Ilmi Nusantara. Banten.

Mappadang, A., Sinaga, M., dan Adi, P.D.P. 2022. Pemberdayaan Kepatuhan Wajib Pajak Perorangan, Perhitungan Dan SPT Tahunan Secara E-Filling. JAPI (Jurnal Akses Pengabdi Indonesia, 7(2):115-22.

Fuad, Khoirul, Winarsih, dan Handayani, R.T. 2023. Pendampingan Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana Berbasis Digital Bagi Usaha Mikro Putra Usaha Di Desa Kaliwungu Kabupaten Kudus. Buletin Abdimas Masyarakat, 4(1):29-34.

Fathah, R.N dan Safitri, T.A. 2020. Pelatihan Pelaporan Keuangan Sederhana dan Manajemen Keuangan Bagi UMKM yang Terdaftar di Bank Wakaf Mikro UNISA. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2):73-77.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.