Pengembangan Desain Master Plan Taman Rekreasi Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Wisata Berbasis Alam Di Desa Wonokerso

Puput Risdanareni, Cynthia Permata Dewi, Nindyawati Nindyawati, Titi Rahayuningsih

Abstract

Desa Wonokerso yang terletak di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang merupakan sebuah desa dengan topografi yang relative datar. Wilayah desa yang relative datar membuat sebagian lahan desa digunakan sebagai lahan pertanian padi. Dengan letak yang strategis, yang dilalui jalan utama penghubung ke Kepanjen, Desa Wonokerso menjadi area yang cocok untuk pengembangan taman hiburan atau rest area. Peningkatan potensi wisata Desa Wonokerso dengan pembuatan master plan rest area ini telah dimulai oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Akan tetapi pengembangan taman rekreasi masih diperlukan, terutama di penambahan kolam renang anak. Oleh karena itu dalam pengabdian wilayah mitra ini, solusi yang ditawarkan adalah pelaksanaan re-desain master plan rest area atau taman hiburan dengan penambahan kolam renang anak. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masayarakat adalah membuat desain master plan rest area dan kolam renang. Metode yang digunakan adalah model pendampingan partisipatif akan dilakukan dalam proses desain master plan. Warga desa, Bumdes, dan perangkat desa secara aktif dilibatkan dalam proses desain, agar kebutuhan warga terwadahi dengan tepat di dalam desain. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan master plan yang menjadi pedoman oleh masyarakat desa. Selain itu warga, Bumdes maupun perangkat desa menyatakan puas dengan hasil desain master plan taman rekreasi di Desa Wonokerso.

 

Keywords

kolam renang anak; master plan; model partisipatif; taman rekreasi

Full Text:

PDF

References

Hidayat W.N., Mariana, R.R., Kiranawati, T.M., dan Kusuma, F.I. 2022. Workshop Urban Farming Dengan Metode Hidroponik dan Budikdamber di Desa Wonokerso.

Suwanti, V., Abrori, Y.J., Onca, R., Kandoi, R. T.A., Liun, C., Jehadut, T., Anggoro, A., dan Farida, N. 2023. Pemanfaatan Bioteknologi Fermentasi Jerami Padi Sebagai Pakan Ternak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2):94-99.

Sugiyanto, G., Pratama, S.B., Fadli, A., Santi, M.Y. 2021. Implementasi Hasil Road Safety Audit (RSA) di Ruas Jalan Mayjen Sungkono, Blater, Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Warta LPM, 2(1):47-58.

Mardianis and Syartika, H. 2018. Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 9(1):53-65.

Vitasurya, V.R., Pudianti, A., dan Rudwiarti., L.A. 2021. Model Partisipasi Masyarakat Dalam Perancangan Masterplan Kawasan Wisata Watupurbo, Yogyakarta. Jurnal SHARE: Journal of Service Learning, 8(1):87-95.

Wibowo, A.P dan Purbadi, D. 2021. Pendampingan Perencanaan Masterplan Gereja Santo Yoseph Paroki Medari, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Warta LPM, 24(2):70-284.

Nugroho, Yusnita, N., Gunawan, Yenny, Pujianto, Franseno, Maurina, Anastasia, Subagio, Irma, Sukangto, Santoso, ANthony, Vanni, Paramitha. 2014. Pembuatan Masterplan Lingkungan Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung. Pengabdian Kepada Masyarakat. Repository Universitas Katolik Parahyangan.

Jaya, I.K.P. 2021. Pembuatan Master Plan Dan Penataan Pura Beji Ageng Luhur Pakendungan- Desa Beraban Kecamatan Kediri Tabanan. Jurnal Lentera Widya, 2(2):270-284.

Risdanareni, P., Dewi, C.P., Nindyawati, Rahayuningsing, T., Prasetyo, D., dan Susetyo, A. 2023. Master Plan Design In Developing Village Tourism Potential With a Community Participatory Model. Jurnal Abdimas, 8(2):308-314.

Sidiq, A.J dan Resnawaty, R. 2017. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Linggarjati Kuningan, Jawa Barat. Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):38-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.