Edukasi Pasar Modal Untuk Meningkatkan Minat Berinvestasi Bagi Mahasiswa

Mychelia Champaca, Moch Nurhidayat

Abstract

Program pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat yang dilaksanakan kepada mahasiswa bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat mengenai manajemen investasi dan pasar modal kepada para mahasiswa, agar dapat dijadikan bekal bagi mahasiswa untuk dapat berinvestasi baik melalui pasar modal atau dalam bentuk lainnya. Pengenalan dan pemahaman ini akan difokuskan pada tata cara berinvestasi secara umum di pasar modal. Peran pasar modal semakin lama semakin penting bagi perekonomian Indonesia karena hal ini menjadi salah satu indikator perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat kali ini menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat khususnya bagi para mahasiswa untuk mengenal lebih jauh tentang manajemen investasi dan pasar modal sejak dini. Melalui pengenalan dengan mengedukasi secara dini diharapkan para mahasiswa dapat mengetahui apa itu investasi dan pasar modal untuk menjadikan mahasiswa paham dan tertarik dalam melakukan bidang investasi dan pasar modal.

Keywords

edukasi; ivestasi; pasar modal

Full Text:

PDF

References

Lemiyana, M. 2020. Edukasi Pasar Modal Syariah untuk Menumbuhkan Minat Investasi bagi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2):529-537.

Rivai, V. 2010. Islamic Financial Management. Ghalia Indonesia. Bogor.

Darmawan, A., Kurnia, K., dan Rejeki, S. 2019. Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2):44-56.

Pasar Modal. 1995. Undang-undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Jakarta. 128 Halaman.

Nurlia dan Jurwali. 2009. Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, dan Earning per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Industri Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal GeoEkonomi, 1(1):2086-1117.

Eduardus, T. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius. Yogyakarta

Husnan, S. 2015. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. (Edisi 5). UPPN STIM YKPN. Yogyakarta.

Hasanudin, Nurwulandari, A., dan Safitri, R.K. 2021. Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Dan Pelatihan Pasar modal Terhadap Keputusan Investasi Yang Dimediasi Oleh minat Investasi. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3):494-512.

Huda, N. 2007. Investasi Pada Pasar Modal Syariah. Prenadamedia Group. Jakarta.

Nisa, A. 2017. Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara). Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 2(2):22-35.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.