Pelatihan Persiapan Dan Simulasi TOEFL Untuk Mendukung Pemetaan Kompetensi Bahasa Inggris Akademik

Mushoffan Prasetianto, Hafida Ruminar, Rizkiana Maharddhika, Dian Islami Prasetyaningrum

Abstract

Salah satu media berkomunikasi antar negara yaitu melalui bahasa Inggris. Dengan kata lain, sangat penting untuk mengetahui bahasa Inggris di dunia modern. Tes TOEFL adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda tahu cara berbicara bahasa Inggris dengan baik. TOEFL yang merupakan singkatan dari “Test of English as a Foreign Language” merupakan jenis tes yang sering digunakan untuk mengukur seberapa baik seseorang dapat berbicara dan memahami bahasa Inggris. Mayoritas institusi juga akan meminta sertifikat TOEFL sebagai persyaratan, seperti untuk mengikuti ujian akhir atau mendaftar kuliah di dalam atau luar negeri. Seringkali institusi meminta sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450 atau 500 sebagai persyaratan. Namun mendapatkan angka 450 atau 500 merupakan hal yang dikhawatirkan dan bahkan ditakuti oleh mahasiswa karena terkesan sulit untuk dilakukan. Sebagian besar orang merasa kesulitan untuk mendapatkan skor TOEFL yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu para pelajar dan masyarakat pada umumnya yang membutuhkan atau meningkatkan nilai TOEFL sebagai syarat sekolah. Kegiatan ini berlangsung secara live melalui platform Zoom Meeting. Pelaksanakan kegiatan ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan peninjauan atau pemantauan. Kegiatan ini memakan waktu sekitar tiga bulan, dan mencakup materi pelatihan, mendapatkan pelatihan TOEFL intensif, dan mengikuti tes TOEFL sebelum dan sesudah. Setelah melakukan kegiatan ini, diketahui peserta lebih memahami materi dan jenis-jenis soal TOEFL. Selain itu, terdapat peningkatan skor pre-test dan post-test yang mana skor post-test lebih baik dibandingkan dengan skor pre-test di akhir kegiatan ini.

Keywords

bahasa inggris; kemampuan bahasa; pelatihan TOEFL

Full Text:

PDF

References

Raharjo, S.D. 2020. Persepsi Mahasiswa: Menilai Kompetensi Bahasa Inggris TOEFL Sebagai Standar Tes Kemahiran Bahasa Inggris Di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Intensif, 3(2):40-48.

Kamis, A.S. 2019. Bahan Pembelajaran Otonom Struktur Dan Ekspresi Tertulis Untuk Persiapan TOEFL. Jurnal LingTera, 6(1):62-72.

Ruminar, H., Prasetyaningrum, D.I, Maharddhika, R., dan Prasetianto, M. 2023. Pelatihan Dan Simulasi TOEFL Sebagai Upaya Pencapaian Nilai Yang Ditargetkan. Dharmakarya: Jurnal Penerapan Iptek Bagi Masyarakat, 12(1):122-128.

Halim, N dan Ardiningtyas, S.Y. 2018. Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Dalam Menjawab Soal Tes TOEFL. ETERNAL (Jurnal Bahasa Inggris, Pengajaran, Pembelajaran, Dan Penelitian), 4(2):219-231.

Silviyanti, T.M., Rahmadhani, R., dan Samad, I.A. 2020. Strategi Siswa EFL Dalam Menjawab Bagian Mendengarkan Longman TOEFL. Studi Dalam Bahasa Dan Pendidikan Inggris, 7(1):237-246.

Handayani, F. 2019. Bagian Struktur Dan Ekspresi Tertulis TOEFL Berbasis Kertas: Kesulitan Yang Dirasakan Mahasiswa Keperawatan Poltekes Solok Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2):135-149.

Zulmaini, E.A. 2021. Proses Belajar Mengajar Strategi Pengambilan Tes Dalam Menjawab Bagian Pemahaman Bacaan. Forum ELT: Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris, 10(2):113-124.

Alex, Farhan, M., Nurlia, V., dan Haucsa, G.M. 2019. Persepsi Mahasiswa Terhadap TOEFL Sebagai Syarat Kelulusan: Sebuah Kasus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Inggris, 1(1):51-63.

Yohanna, A. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 12(2):34-48.

Aminatun, D., Mandasari, B., Ayu, M., Hamzah, I., dan Dewi, G. 2022. Bantuan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Aktif Bagi Siswa. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1):163-170.

Malik, T.G dan Alam, R. 2019. Analisis Perbandingan Model Pre-test/Post-test Dan Model Post-test-only Dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Ophthamol Pakistan, 35(1):4-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.