PRODUK INOVASI KUE DARI LIMBAH BIJI NANGKA, SEBAGAI UPAYA DIVERSIFIKASI PANGAN DAN MENAMBAH PENGHASILAN KELUARGA

Rikawanto Eko Muljawan, Wirawan Rangga Pradana

Abstract

Program Iptek bagi Masyarakat yang telah disetujui didanai oleh Ristekdikti ini adalah upaya diversifikasi makanan dari buah-buahan dengan cara membantu masyarakat dalam memanfaatkan limbah biji nangka menjadi berbagai jenis makanan yang bergizi sehat, mengingat pada saat musim buah nangka, produksi melimpah termasuk diantaranya adalah bijinya yang dibuang sebagai sisa, Selain tinggi protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, biji nangka juga dilengkapi dengan kalsium, seng, dan fosfor. Biji nangka juga dikenal dengan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah kanker. Dengan kandungan yang ada dalam biji nangka sudah barang tentu layak untuk dijadikan bahan diversifikasi pangan, dan sebagai sumber pendapatan keluarga dari produksi kue bolu (cake) biji nangka. Dengan metode participatory action maka Mitra I ( ibu Yuniati ) mampu memanfaatkan biji nangka menjadi keripik dan bolu kukus, mitra-II (ibu Ari) mampu mengolah iji nangka menjadi berbagai macam keripik dan kue kering dan mitra-III ibu Nanik mampu mengolah biji nangka menjadi bermacam kue basah pastel, dll.  Pendampingan kepada Mitra-I, II dan II memungkinkan produksi dapat dihasilkan dengan baik dan dengan pengemasan yang menarik produk dapat dipasarkan dengan mudah.Dari hasil perhitungan sederhana, untuk produk makanan kering tiap 400 gr (box) menggunakan bahan tepung terigu mampu memberikan keuntungan Rp 13.000 (40%) sedangkan dengan tepung biji nangka memberikan keuntungan Rp 15.700 (51%).

Full Text:

PDF

References

Anonymous, 2014. Manfaat biji nangka http://www.kesehatanpedia.com/2014/10/.html

Hutapea, J.,dan A.Z., Mashar,2009. Ketahanan Pangan dan Teknologi Produktivitas menuju Kemandirian Pertanian Indonesia. Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur.

Rahmat ST. http://www.zonasukses.com/blog/bagaimana-cara-menjadi-seorang-pengusaha-sukses-bagi-pemula/. Nopember, 2013

Sudaryanto, T. dan Rusastra, I.W., 2006, “Kebijakan Strategis Usaha Pertanian dalam Rangka Peningkatan Produksi dan Pengentasan Kemiskinan”, Jurnal Litbang Pertanian, 25 (4), Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Bogor.

Suryahadi, Asep (2007). Persyaratan dan Unsur-unsur Evaluasi yang Baik. Materi presentasi yang disampaikan dalam program “Pengembangan Kapasitas Perencanaan Kebijakan, Monitoring dan Evaluasi Program-program yang Berpihak Kepada Kaum Miskin”. Bogor, 22 Mei 2007.

Nugroho, G. 2009. Meningkatkan Ketahanan Pangan Indonesia berbasis Sumberdaya Lokal. Nuhrohogalih.wordpress.com.

Unoviana Kartika, 2015. Manfaat tak terduga dari Biji Nangka. http://health. kompas.com/read/2014/ 05/05/ 1656377/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.