PEMBERDAYAAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN ORGANIK DI PRODOSUMBUL DESA KLAMPOK KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Sri Susanti, Akhadiyah Afrila

Abstract

Limbah ternak masih mengandung bahan organik yang potensial untuk dikelola dan dimanfaatkan lebih lanjut. Pengelolaan limbah ternak perlu dilakukan, disamping untuk mengurangi bagian terbuang dari biomassa, menghindari pencemaran lingkungan juga untuk memberikan nilai tambah limbah ternak. Kegiatan pengabdian masyarakat  dilaksanakan di kelompok tani ternak dalam wilayah kerja Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Arjuna Sejahtera Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, dengan melibatkan peran serta kelompok ibu-ibu petani peternak dalam memanfaatkan pekarangan rumah tinggal untuk usaha produktif. Tujuan kegiatan adalah menerapkan teknologi pembuatan pupuk organik dari kotoran ternak sehingga bisa dihasilkan produk pupuk organik yang berkualitas, mendukung pemanfaatan pekarangan rumah tinggal untuk usaha produktif diantaranya budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga. Metode yang digunakan adalah (1) Penyuluhan dan pendampingan peternak dalam pemeliharaan ternak dan program sanitasi lingkungan, serta pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing, (2) Memberikan peragaan tentang teknik pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing dalam bentuk kompos dan bokashi, (3) Aplikasi pemanfaatan pupuk organik dari kotoran kambing untuk budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga di pekarangan rumah tinggal, (4) Bantuan bibit tanaman untuk dibudidayakan dan dikembangkan, (5) Pendampingan pada kelompok ibu-ibu peternak dalam pengolahan dan diversifikasi pangan khususnya jagung dan singkong yang berasal dari hasil panen sendiri dan tanaman sekitar rumah sehingga bisa menghasilkan produk yang Berkualitas, Beragam, Bergizi dan Aman dan berpeluang untuk dipasarkan. Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa: (1) Pemanfaatan pekarangan rumah tinggal untuk usaha produktif budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga, (2) Pupuk organik, dan (3) Publikasi Ilmiah dalam Jurnal Terakreditasi

Full Text:

PDF

References

Chamdi, A.N, 2003, Kajian Profil Sosial Ekonomi Usaha Kambing di Kecamatan Kradenan Kabupaten Krobongan, JITV Volume III Tahun 2003 : 312-317.

Febrina, D dan M. Liana, 2008, Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ruminansia Pada Peternakan Rakyat Di Kecamatan Renggatat Barat Kabupaten Indra Giri Hulu, JITV Volume 5 no 1 Tahun 2008 : 28-37, http://www.uinsuska.info/faperta /attachments/091, jurnal_%20Dewi.pdf [9 April 2011].

Hartiningsih dan C. S. Wijayanti. 2007. Pemberdayaan Kelompok Ibu Rumah Tangga Pedesaan Melalui Diversifikasi Pangan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Laporan Penelitian Dosen Muda. Fakultas Peternakan. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Hendayana, R dan M.H. Togatorp, 2003, Struktur Waktu Kerja dan Pendapatan Peternak, JITV Volume III Tahun 2003 : 318-323

Herawati, T, B. Utomo dan W. Dirjopranoto, 2009, Profil Petani Miskin Di Desa Hutan Dan Upaya Pemberdayaannya, http ://ntb.litbang.deptan.go.id/2004/SP/profilpetani.doc [15 Nopember 2010].

Pranarka, KMW, Prijono, dan Onny S, 1996. Pemberdayaan, Konsep, Kebijakan dan Implementasi, CSIS, Jakarta.

Ruswadi, A, E. Rustiyadi dan K. Mudikdjo, 2007, Dampak Konversi Lahan Pertanian Terhadap Kesejahteraan Petani dan Perkembangan Wilayah: Study Kasus di Daerah Bandung Utara, http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com _content&task=view&id=511&Itemid=42, Jurnal Argo Ekonomi volume 25 no. 2 Oktober 2007:207-219 [20 Nopember 2010].

Santosa, B., W. Mushollaeni dan N. Hidayat. 2006. Tortilla. Trubus Agrisarana.Surabaya.

Sasongko, W.R dan Bulu, 2004, Status Pakan dan Persepsi Petani Dalam Pemberian Pakan Ternak Kambing Lokal di Lahan Kering Desa Sambelia, http://ntb.litbang. deptan.go.id/ind/2005/NP/status.doc [9 April 2011].

Soehaji, 2002, Kebutuhan Inovasi Teknologi Peternakan dan Veteriner dalam Menunjang Agribisnis Pertanian, Pros. Seminar Nasional Teknologi peternakan dan veteriner, Bogor, 30 September-1 Oktober 2002, Puslitbang Peternakan, Bogor.

Soetrisno, L, 1997. Kemiskinan, Perempuan, Pemberdayaan. Kanisius. Yogyakarta.

Sunyoto U., 1998. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanti S. dan E. Marhaeniyanto. 2014. IbM Membuat Pakan Konsentrat di Kelompok Tani Ternak Desa Watugede dan Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Kompetitif Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset Dalam DIPA Kopertis VII tahun anggaran 2014 Nomor: 029/SP2H/PPM-mono/K7/KM/2014 Tgl. 03 April 2014. Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggdewi. Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.