Pelatihan Pembuatan Kompos Limbah Mawar di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Ellis Nihayati, Moch. Dawam Maghfoer, Muhammad Roviq, Aldila Putri Rahayu, Nunun Barunawati, Deffi Armita, Akbar Saitama, Koesriharti Koesriharti, Titiek Islami, Tatik Wardiyati, Anna Satyana  Karyawati

Abstract

Aplikasi pupuk anorganik merupakan hal yang wajar dalam praktek budidaya tanaman. Begitu pula yang dilakukan oleh para petani mawar yang ada di Desa Gunungsari, Kota Batu. Namun aplikasi yang dilakukan sering kali melebih dosis yang ditentukan. Sehingga perlu adanya upaya untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik agar dapat meningkatkan nilai guna mawar. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengedukasi petani mengenai kelebihan dan kekurangan pupuk organik dalam rangka mengurangi bahan kimia sintetik dalam budidaya tanaman serta demonstrasi pembuatan pupuk organik dari limbah sisa panen mawar sebagai pengganti pupuk kimia sintetik. Kegiatan dilakukan secara luring mulai dari Mei hingga Desember 2022.  Kegiatan diawali dengan diskusi dan penyuluhan mengenai pengenalan pupuk organik sebagai pengganti pupuk kimia sintetik, kemudian dilanjutkan dengan praktik lapang pembuatan kompos dan evaluasi keberhasilan program. Penyuluhan mengenai pupuk telah dijelaskan dengan baik dan meningkatkan minat para petani untuk mengolah limbah sisa panen mawar menjadi pupuk kompos. Pembuatan pupuk kompos dari limbah sisa panen mawar dapat memberikan manfaat terhadap petani berupa berkurangnya biaya pupuk, keuntungan produksi yang lebih tinggi serta berukurangnya limbah. Para petani berharap perlu adanya sosialisasi dan pelatihan yang berkala untuk dapat memantau perkembangan dan pengolahan pupuk dari limbah sisa panen mawar.

Keywords

mawar; pupuk organik; sisa panen

Full Text:

PDF

References

Purnamasari, R.T dan H. Wahyuni. 2021. Pendayagunaan Limbah Bunga Potong Krisan Dampak dari Pandemi Covid-19 untuk Pembuatan Pupuk Organik di Surabaya. Jurnal Pengabdian Indonesia, 6(1):39-44.

Arisona, D, Purnamasari, R.T., dan Sulistyawati. 2022. Pengaruh Pemberian Kompos Limbah Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.). Jurnal Agroteknologi Merdeka Pasuruan, 6(2):40-48.

Sharjeel, A., Rabia, K., Saira, A., Rifat, H dan Iftikhar, A. 2021. Potential of Compost for Suistanable Crop Production and Soil Health. Journal Recent Advencement in Microbial Technology. Halaman 123-130.

Purwanto, I., Suhaeti, E., dan Sumantri, E. 2014. Menghitung Takaran Pupuk untuk Percobaan Kesuburan Tanah. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penelitian Kesuburan Tanah, 4:91-105.

Sitompul, S. M dan Guritno, B. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. UGM Press: Yogjakarta. UGM Press.

Wijaya, K.A. 2008. Nutrisi Tanaman Sebagai Penentu Kualitas Hasil dan Resistensi Alami Tanaman. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Samekto, R. 2006. Pupuk Kompos. PT Citra Aji Parama. Yokyakarta.

Setyorini, D. 2019. Pupuk Organik untuk Budidaya Pertanian Organik. Balai Penelitian dan Pengembangan Tanah.

Worotitjan, F.D., Pakasi, S.E., dan Kumolontang, W.J.N. 2022. Teknologi Pengomposan Berbahan Baku Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Danau Tondano. Jurnal Agroteknologi Terapan, 3(1):1-7.

Krismawati, A dan Asnita, R. 2011. Pupuk Organik dari Limbah Organik Sampah Rumah Tangga. Agroinovasi. 3-9 No 3417.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.