Pendampingan Pekan Sehat Pemuda

Ronasari Mahaji Putri, Hilda Mazarina Devi

Abstract

Pemuda merupakan bagian dari masyarakat yang dinilai mampu memberikan perubahan positif bagi masyarakat. Kegiatan pekan sehat pemuda merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian akan masyarakat di lingkungannya. Banyaknya perilaku tidak sehat di masyarakat sekitar melatarbelakangi munculnya kegiatan pekan sehat pemuda. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama menggerakkan masyarakat untuk peduli dengan permasalahan kesehatan yang dialami keluarga dan masyarakat sekitar. Pekan sehat pemuda dilaksanakan di RT 06 RW 01 kelurahan Kasin, diikuti oleh 22 ibu dan 28 prelansia dan lansia. Serangkaian kegiatan dijalankan, yang meliputi gerak jasmani, edukasi kesehatan serta pemeriksaan kesehatan masyarakat. Masyarakat mengikuti serangkaian kegiatan mulai awal sampai dengan akhir, dengan sangat antusias. Kegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat menyatakan sangat puas dengan kegiatan pekan sehat pemuda. 

Keywords

masyarakat; pemberdayaan masyarakat; remaja; sehat

Full Text:

PDF

References

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2006. Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan Tahun 2006. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 145 Halaman.

Minarni, E.W., Utami, D.S., dan Prihatiningsih, N. 2017. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2):147-154.

Marwoko, G. 2019. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. TASYRI’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 26(01):60-75.

Sarwono, S.W . 2010. Psikologi Remaja, Edisi Revisi. Raja Grafindo. Jakarta.

Prihadhi, E.K. 2004. My Potensi. Elek Media Komputindo. Jakarta.

Dharma, S. 2010. Manajemen Kinerja. Ed.ketiga. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Grasindo. Jakarta.

Dewi, F.T.S. 2013. Working with Community Exploring Community Empowerment to Support. Umea University, Sweden.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2011. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tahun 2011. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 76 Halaman.

Kurniawan, A., Putri, R.M., dan Widiani, E. 2019. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kelas IV dan V Sekolah Dasar. Jurnal Nursing News, 4(1):100-111.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.