Pelatihan Desain Interior Berbasis Android bagi Masyarakat Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang

Ali Murtopo, Herlita Prawenti, Ria Miftakhul Jannah

Abstract

Salah satu profesi masyarakat Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang adalah pekerja bangunan. Ketrampilan dasar yang dikuasai adalah sebagai pembantu tukang, tukang kayu bangunan dan tukang batu bangunan. Apabila ingin membuka usaha sendiri, ketrampilan yang dipunyai akan dirasa kurang. Salah satu ketrampilan yang dapat dipunya untuk membuka usaha sendiri adalah ketrampilan desain dan pembuatan interior modern. Kelurahan Potrobangsan berada di Kota Magelang sehingga mendukung usaha ini. Hal ini dikarenakan masyarakat perkotaan saat ini telah mulai melirik arsitektur interior yang menarik. Desain interior dilakukan pada ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan ruang lainya. Melalui penambahan backdrop, partisi, kitchen set ruang-ruang tersebut akan terlihat jauh lebih indah. Kondisi ini menjadi sala satu jalan wirausaha bagi pekerja banguan dan karangtaruna di Kelurahan Potrobangsan yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan lepas. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat terutama pekerja bangunan dan karang taruna dapat mempunyai ketrampilan untuk membuka usaha (berwirausaha) dan dapat meningkatkan kualitas hidup.

Keywords

desain interior; interior modern; pekerja bangunan

Full Text:

PDF

References

Rucitra, A.A. 2020. Merumuskan Konsep Desain Interior. Jurnal Desain Interior, 5(1):31-44.

Milburna, L.A dan Brown, R.D. 2003. The Relationship Between Research and Design in Landscape Architecture. Landscape and Urban Planning, 64(1–2):47-66.

Marysa, I.H dan Anggraita, A.W. 2016. Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X. Jurnal Desain Interior, 1(1):41-50.

Sari, M.S. 2003. Peran Warna Pada Interior Rumah Sakit Berwawasan Healing Environment Terhadap Proses Penyembuhan Pasien. Dimensi Interior: Jurnal Dimensi Interior, 1(2):141-156.

Honggowidjaja, S.P. 2003. Pengaruh Signifikan Tata Cahaya Pada Desain Interior. Dimensi Interior: Jurnal Dimensi Interior, 1(1):1-15.

Olivia, A.T. 2013. Pengaruh Tata Cahaya Pada Karakteristik Ruang VVIP Hapup, Dstar, Doremi Karaoke. JURNAL INTRA, 1(2):1-14

Purisari, R dan Mashudi, M. 2020. Perancangan Tata Cahaya Buatan dengan Konsep Efisiensi Energi Pencahayaan Kualitatif pada Masjid Baiturrahman, Ciputat, Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Community Engagement, 6(2):80-87.

Rahman, M.F.N dan Jumino. 2020. Peran Desain Interior Dalam Menunjang Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Jurnal ANUVA, 4(1):81-98.

Magelang Kota. 2022. http://magelangutara.magelangkota.go.id/index.php/kelurahan/potrobangsan/profile-potrobangsan. Diakses pada 19 Septetember 2022.

Tjahjono, J.D., Maroeto, Sasongko, P.E., dan Arifin, A.Z. 2018. Kebijakan dan Strategi Pengembangan Kawasan Agroekowisata Kecamatan Tutur di Kabupaten Pasuruan. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1):32-39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.