Pendampingan Lansia Menuju Sehat Dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Nelyta Oktavianisya, Sugesti Aliftitah, Hosnu Inayati

Abstract

Usia lanjut adalah masa perkembangan yang  ditandai  dengan  menurunnya  sistem dalam tubuh yaitu  kondisi fisik,  mental dan sosial yang akan mempengaruhu kualitas hidupnya. Program yang dapat meningkatkam kesehatan lansia adalah memberikan aktifitas lansia agar selalu berbahagia, bersosialisasi dan berkarya atau produktif. Masalah yang ada di Desa Kebundadap Timur adalah kegiatan lansia di Desa Kebundadap Timur yang terlalu monoton sehingga mengganggu kesehatan lansia salah satunya dapat menimbulkan stress, dan dampaknya bisa menurunkan kualitas hidup lansia. Di Desa Kebundadap Timur sebanyak 75% lansia mengalami stress sedang, alasan stress disebabkan oleh kegiatan yang monoton sebanyak 80%. Solusi terhadap masalah itu adalah dilakukannya pemberdayaan lansia dalam sehat lansia dengan tanaman obat keluaraga (TOGA). Metode pada PKM ini yaitu sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan lansia dan tahap selanjutnya dilakukan pendampingan dalam menanam TOGA tersebut. Lansia juga diberikan modul untuk membantu mereka mengetahui manfaat TOGA yang mereka tanam. Kegiatan PKM dilakukan di Desa Kebundadap Timur pada bulan Februari-Agustus 2022. Hasil kegiatan pemberdayaan lansia ini berdampak baik yaitu terdapat 90% lansia yang tingkat stresnya ringan karena melakukan kegiatan menanam TOGA.

Keywords

lansia; sehat; TOGA

Full Text:

PDF

References

Indrayogi, Priyono, A., dan Asyisya, P. 2021. Peningkatan kualitas hidup lansia melalui pemberdayaan lansia produktif, gaya hidup sehat dan aktif. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 3(1):185-191.

World Health Day. 2017. A Global Brief on Hypertension: Silent Killer Global Public Health Crisis. World Health Day 2013. Switzerland. 40 Halaman.

Riskesdas. 2018. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018. Kementrian Kesehatan RI. Jakarta. 120 Halaman.

Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Pertiwi, R., Notriawan, D., dan Wibowo, R.H. 2020. Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Meningkatkan Imunitas Tubuh sebagai Pencegahan Covid-19. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2):110-118.

Oktarlina, R.Z dan Santi, A.R. 2021. Pemberdayaan dan Pemanfaatan Toga Dalam Meningkatkan Sistem Imun Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Nusantara Permai. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat Buguh, 1(1):30-37.

Purnama, A. 2017. Kegiatan Produktif Lanjut Usia Dalam Mewujudkan Hidup Bahagia’, Jurnal Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosia, 41(3):295-304.

Ardiani, H., Lismayanti, L., dan Rosnawaty, R. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Lansia di Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Tahun 2014. Healthcare Nursing Journal, 1(1):42-50.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.