Peningkatan Kompetensi Siswa Dengan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele Dan Analisis Usaha Di SMP Negeri 26, Malang

Eri Yusnita Arvianti, Herdiana Anggrasari, Wahidyanti Rahayu Hastutiningtas

Abstract

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang telah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia. Ikan lele juga memiliki nilai gizi yang tinggi namun karena mengandung nutrisi mengakibatkan cepat mengalami kebusikan sehingga perlu diolah. Abon memiliki tekstur yang kering dan hampir tidak memiliki kadar air, oleh karena itu dapat bertahan berbulan-bulan jika disimpan rapat. Abon dapat meningkatkan daya jual dan memperpanjang umur simpan, bahan baku pembuatan abon ikan lele cukup mudah karena bahan baku mudah didapatkan dan proses pembuatannya yang tidak rumit. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi siswa dengan memberikan pelatihan pembuatan abon ikan lele dan analisis usahanya.Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah partisipasi langsung. Dari hasil analisis usaha, abon ikan lele dapat dijual Rp10.000 per kemasan yang berisi 20 gram dengan keuntungan kurang lebih Rp5.000 per kemasan. Kedepannya olahan abon dapat dikembangkan menjadi pangan fungsional misalnya abon probiotik, abon kaya serat pangan (substitusi jamur, kelapa), abon kaya antioksi, (substitusi sayuran berwarna), dan abon kaya vitamin (substitusi vitamin A, B, C).

Keywords

abon; kompetensi siswa; lele; olahan ikan

Full Text:

PDF

References

Kusumayanti, H., Astuti, W., dan Broto, RTD.W. 2011. Inovasi Pembuatan Abon Ikan sebagai Salah Satu Teknologi Pengawetan Ikan. Gema Teknol, 16(3):119-121.

Kaiang, D.B., Montolalu, L.A., dan Montolalu, R.I. 2016. Kajian Mutu Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Asap Utuh yang dikemas Vakum dan Non Vakum selama 2 hari Penyimpanan pada Suhu Kamar. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikan, 4(2):75-84.

Kholis, F.H.N., Sasongko, L.A., dan Widiyani, A. 2019. Analisis Usaha Pengolahan Abon Lele di Desa Tegalrejo Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Jurnal Mediagro, 15(2):161-172.

Pasaribu, R.M dan Siahaan, A.M. 2020. Pemberdayaan Usaha Mikro Abon Lele. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):-13.

Setiawati, I.T dan Ningsih, S. 2018. Manajemen Usaha Pengolahan Abon Ikan Lele (Clarias gariepinus) di P2MKP Jaya Mandiri Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Jurnal Penyuluhan Perikan dan Kelautan, 12(2):95-110.

Bulkaini, B., Wulandari, B.R.D., Kisworo, D., Sukirno, S., dan Yulianto, W. 2020. Diseminasi Teknologi Pembuatan Abon yang Berbasis Daging Ayam Petelur Afkir. Jurnal Pengabdian Magister Pendidik. IPA, 3(2):190-194.

Heryanto, F., Natadjaja, L., dan Febriani, R. 1990. Perancangan Desain Kemasan dan Media Promosi Abon Ikan Asin Umk Sayu Sejahtera. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12):1-9.

Novianti, S.A., Antara, M., dan Tangkesalu, D. 2020. Analisis Pendapatan Usaha Abon Ayam pada UD. Industri Sri Rejeki Kota Palu. Jurnal Agrotekbis, 8(4):782-787.

Zakir, S. 2012. Strategi Pengembangan Kompetensi Siswa dengan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Analis, 9(1):1-4.

Qurohman, M.T., Romadhon, S.A., dan Sungkar, M.S. 2020. Peningkatan Literasi Matematika Siswa Tingkat SMA/SMK di Panti Asuhan Putera Muslimat Brebes Berbantuan Software Wolfram Alpha. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(2):181-187.

Misrodhia, G. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Khusus Materi Pembuatan Ayam Kodok Melalui Metode Demonstrasi, Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 3(1):37-44.

Nur, R., Omsa, S., dan Fatmawati. 2019. PKM Usaha Abon Ikan di Desa Mekar Indah, Kecamatan Buki. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Halaman 138-143.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.