Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Rimpang di Tengah Pandemi Covid-19 Guna Meningkatkan Imunitas Tubuh

Astri Sumiati, Debora Budiyono, Abd. Rohman, Rona Sari Mahaji Putri

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh ialah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mencegah infeksi serta meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh seperti dengan mengkonsumsi tanaman rimpang (Jahe, Kunyit, Kencur, dan Lengkuas). Tanaman rimpang seringkali dikenal dengan istilah TOGA (Tanaman obat keluarga). TOGA adalah istilah yang digunakan untuk tanaman budidaya atau peliharaan yang bersifat alami serta mudah ditanam pada sekitar pekarangan rumah dan mudah didapatkan dimana saja. Penanaman tanaman TOGA dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah ataupun pada media pot dan polybag. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dari menanam tanaman rimpang sebagai tanaman obat keluarga (TOGA). Kegiatan yang dilakukanyaitu pemberian edukasi serta pelatihan penanaman tanaman rimpang yang bisa ditanam di sekitar pekarangan rumah. Pemahaman peserta mengenai budidaya dan pemanfaatan tanaman rimpang sebagai obat alami atau herbal meningkat 18% setelah mgikuti pelatihan dan sosialisasi yang dilakukan.

Keywords

edukasi; imunitas; pelatihan; tanaman rimpang; TOGA

Full Text:

PDF

References

Riastuti, R.D dan Sustianingsih, I.M. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Rempah Toga Sebagai Upaya Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Nusantara Linggau, 2(1):41-46.

Mubaroq, P dan Halima, N. 2021. Peran Aktif Masyarakat dalam Menanggulangi Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Jurnal of Governance and Policy Innovation, 1(1):47-56.

Pertiwi, R., Notriawan, D., dan Wibowo, R.H. Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Meningkatkan Imunitas Tubuh sebagai Pencegahan Covid-19. Jurnal Dharma Raflesia, 18(2):110-118.

Pakaya, R., Ramadhani, F., Hanapi, S., Badu, F.D., dan Iyou, I. 2021. Penerapan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) dalam upaya Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Mohiyolo Kec. Asparaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal Insan Cita, 3(1):1-10.

Parawansah, Esso, A., dan Saida. 2020. Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Sebagai upaya untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Ditengah Pandemi di Kota Kendari. Journal of Community Engagement in Health, 3(2):325-328.

Harjono, Y., Yusmaini, H., dan Bahar, M. 2017. Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Kampung Mekar Bakti 01/01, Desa Mekar Bakti Kabupaten Tangerang. Jurnal Ruwa Jurai, 3(1):16–22.

Aryanta, I.W.R. 2019. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Jurnal Widya Kesehatan, 1(2): 39-43.

Azis, A. 2019. Kunyit (Curcuma domestica Val ) sebagai Obat Antipiretik Abdul Azis. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 6(2):116-120.

Basuki, A., Novitasari, S.W., Soendoro, A.B.B.Y., dan Anisa, N.N. 2020. Inovasi Pengolahan Tanaman Serai Berbantukan Buku Panduan untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sukorejo Kabupaten Malang. Jurnal Karinov, 3(3):127-132.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.2020. Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 di Indonesia”. https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/544/Dukungan-Penuh-Badan-POM-Untuk-Penanganan-Covid-19.html. Diakses Pada 12 Desember 2021.

Choironi, N.A, Wulandari, M., dan Susilowati, S.S. 2018. Pengaruh Edukasi Terhadap Pemanfaatan dan Peningkatan Produktivitas Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Minuman Herbal Instan di Desa Ketenger Baturraden. Jurnal Ilmiah Farmasi, 6(1):1-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.