Efektifitas Sosialisasi Supervisi terhadap Peningkatan Profesionalitas Tenaga Pendidik dan Kualitas Akademik di SDN Pandanrejo 02 Kota Batu

Sutriyarni Sutriyarni

Abstract

Pandemi Covid-19 dan bencana banjir yang melanda Kecamatan Bumiaji sangat mempengaruhi terhadap proses pembelajaran di SDN Pandanrejo 02 Kota Batu. Proses pembelajaran yang awalnya sudah dilaksanakan secara face to face, berubah melalui online meeting, dan blended. Hal ini menjadikan proses monitoring dan evaluasi berjalan kurang efektif. Oleh karena itu, pengaplikasian supervisi manajerial dan akademik menjadi sangat penting dalam penentuan syarat personal dan material guna peningkatan kualitas sistem belajar mengajar. Tujuan dari program sosialisasi dan pelatihan supervisi adalah peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan profesionalitas di kalangan guru SDN Pandanrejo 02 Kota Batu. Metode yang diaplikasikan adalah pemberian penyuluhan terkait urgensi dari proses supervisi dan prasyarat menjadi tenaga pedidik yang professional guna mendukung peningkatan proses belajar mengajar dan prestasi siswa. Berdasarkan evaluasi melalui kuisioner yang dibagikan menunjukkan bahwa pengetahuan guru terhadap urgensi dari sistem supervisi akademik meningkat hingga 58,3%, serta 75% untuk supervisi manajerial. Peran kepala sekolah (educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovato, dan motivator (EMASLIM)) terhadap program supervise dan peningkatan kualitas pendidikan 75%. Sedangkan, pengetahuan terkait supervisi manajerial meningkat hingga 50%. Pemahaman terkait supervisi kelas (korelasi dari pembinaan professional, perilaku mengajar, perilaku belajar, dan hasil belajar termasuk prestasi dari siswa) meningkat hingga 66,7%.

 

Keywords

belajar mengajar; EMASLIM; prestasi siswa

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan. 2021. Peta Sebaran Kasus Covid Provinsi Jawa Timur 2021. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Available in: https://covid19.go.id/peta-sebaran

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., dan Refika, N. 2019. Supervisi Pen didikan. Alfabeta. Bandung.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah). 2017. Riwayat Akreditasi Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 2. BAN-S/M. Available in: https://bansm.kemdikbud.go.id/home/detailsekolah/A01F077B-8D18-E111-9978926E276CD5D.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUD). 2021. Profil (20536879) SD Negeri Pandanrejo 02. Tim Dapodikbud. Available in: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/A01F077B-8D18-E111-9977-8926E276CD5D#ptk.

Seta, A.K. 2017. Peningkatan Profesionalisme Guru untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Seminar Forum FIP-JIP Se-Indonesia. UNNES. Semarang.

Ulfatin, N. 2018. Integrated Learning Berbasis Karya Kehidupan. UM Press. Malang

Ubben, G.C and Hughes, L.W. 1992. The Principal: Creative Leadership for Effective Schools. Needham Height,MA: Allyn and Bacon, Inc.

Ulfatin, N., Mukhadis, A., dan Imron, A. 2015. Kurikulum “Jalakar” untuk SMP Satu Atap: Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Peserta Didik di Daerah Pedesaan dan Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. 40 (2):178-193.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2019. Sumberdaya Manusia Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Jenderal. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud.

Arends. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Dahar, R.W dan Siregar, N. 2000. Pedagogi Materi Subyek: Meletakkan Dasar Keilmuan dari PBM. Seminar Staf Dosen FPMIPA dalam Rangka Mensosialisasikan Pedagogi Materi Subyek.

Deporter, B. dan Hernacki, M. 2001. Quantum Learning.Terjemahan. Kaifa. Bandung.

Hoy, W.K. and Miskel, C.G. 2005. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: McGaw-Hill, Inc.

Robbins, S.P. 2005. Essentials of Organizational Behavior. 8th Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.