Sosialisasi Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Di Kelurahan Ngemplakrejo, Kota Pasuruan

Retno Tri Purnamasari, Fajar Hidayanto

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 menghasilkan banyak dampak di berbagai sektor, salah satunya yang paling terdampak adalah sektor perekonomian. Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), namun saat ini peran tersebut cenderung pasif karena banyak UMKM yang mengalami penurunan jumlah penjualan. Kelurahan Ngemplakrejo memiliki banyak potensi UMKMyang bersumber dari perikanan dan kelautan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan penjelasan dalam mengantisipasi dampak pandemi melalui penggunaan dan pengelolaan media digital sebagai media pemasaran yang mudah dan terjangkau. Metode yang digunakan adalah 1) observasi situasi masyarakat, 2) identifikasi masalah, dan 3) sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para pelaku usaha memberikan respon positif dengan adanya sosialisasi yang diberikan tim pengabdian. Respon tersebut ditandai dengan antusias pelaku usaha mengenal berbagai platform online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, Tiktok, dan platform lainnya.

Keywords

covid-19; media pemasaran; pandemi; sosialisasi

Full Text:

PDF

References

Idayu, R., Husni, M., dan Suhandi. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1):73-85.

Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis. Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional. Lemhanas Republik Indonesia dan BRI. Lemhanas RI dengan BRI.

Suswanto, P dan Setiawati, S.D. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2):16-29.

Nadya. 2016. Peran Digital Marketing dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(2):133-144.

Marka, M.M., Azis, N., dan Alifiana, M.A. 2018. Pengembangan UMKM Madumongso Melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha. ABDIMAS, 22(2):185-192.

Raharja, J dan Natari, S.U. 2021. Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):108-123.

Fachrudin, I. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Pengunjung terhadap Perilaku Peduli Kebersihan Lingkungan Obyek Wisata Pantai Caruban. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Lubis, T.A. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3): 163-174.

Saefula, E., Putra, A.R., dan Tabroni. 2021. Inovasi dan Pengembangan UMKM Emping Melinjo Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Optimalisasi Media Pemasaran dan Alat Produksi. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2):291-299.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.