Pengembangan Minat Berwisata melalui Produksi Konten Video Promosi Wisata Berbasis Digital di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah

I Gede Wyana Lokantara, Dessy Mayasari

Abstract

Desa Kurau termasuk dalam wilayah Bangka Tengah, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, dengan memiliki berbagai potensi wisata dan potensi alam seperti wisata mangrove, wisata pantai, dan pengelolaan potensi perikanan. Namun saat ini kondisi usaha pariwisata dan UMKM di Desa Kurau mengalami kendala terutamanya minimnya kunjungan wisatawan.  Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya kegiatan promosi wisata yang dilakukan. Lemahnya kemampuan membuat konten video promosi wisata dan potensi lokal menyebabkan belum optimalnya kegiatan promosi yang dilakukan. Melalui pelatihan pembuatan konten video promosi wisata ini dapat mengajak kelompok sadar wisata dan pelaku UMKM Desa Kurau Barat untuk mempromosikan destinasi wisata sehingga menarik minat wisatawan berkunjung ke Desa Kurau Barat. Melalui upaya pelatihan yang telah dilakukan saat ini diperoleh kemampuan memilih tema konten telah cukup baik yaitu dengan skor 78, namun kemampuan untuk mengembangkan kreavitas pembuatan konten cukup rendah dengan skor 44.

Keywords

destinasi wisata; konten; kreativitas; video promosi

Full Text:

PDF

References

Megawandi, Y. 2020. Pembangunan Pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Pendekatan Whole of Government. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 1(2), 108-119.

Indiyati, D., Khusnia, H.N., dan Chotijah, S. 2020. Optimalisasi Gerakan Sadar Wisata melalui Produksi Video Promosi Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 603-609.

Morgana, D.A., Rizal, S.H., Bilankawa, F., Ramadhian, A. 2019. Strategi Video Kreatif melalui Media Sosial sebagai Penguat Promosi Desa Wisata Rotan Trangsan. Jurnal CAPTURE, 10(2):1-12.

Hadiansah, D., Chaerudin, R.M., dan Damaianti, I, dan Devi, W.S.G.R. 2013. Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial Promosi Desa Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Remaja Karang Taruna Desa Cikidang Kec. Lembang Kab. Bandung Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(2):170-179.

Sofia, L.A., Hidayat, A.S., dan Zain, M.A. 2020. Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2):133-143.

Kusuma, S.S., Hamdani, D., Nugraha, D., Nurhayati, Y., dan Ramdhan, R.F. 2020. Pendampingan Dan Pembuatan Video Profile Untuk Promosi Wisata Desa Cisantana Kabupaten Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02):81-88.

Saraswati, N.M.G. 2021. Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Muntig Siokan Di Mertasari Sanur. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1):29-34.

Sj, N.A., Fadilah, E., dan Basith, A.A. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Dan Potensi Kearifan Lokal Di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12):990–991.

Raharjana, D.T dan Putra, H.S.A. 2020. Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2):140-151.

Salambue, R., Fatayat, F., Mahdiyah, E., dan Andriyani, Y. 2020. Pengembangan Daya Tarik Objek Wisata Teluk Jering Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2):86-95.

Dewi, N.K., Astuti, H., Sumartono. 2020. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Mempublikasikan Pantai Tanjung Pakis. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1):22-27.

Harsono, S. 2019. Pelatihan Pembuatan Leaflet Bahasa Inggris Untuk Promosi Pariwisata. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2):6-10.

Goenawan, J.C., Suwason, A.A., dan Salamoon, D.K. 2013. Perancangan Video Promosi Pulau Bawean Beserta Media Pendukungnya. Jurnal DKV Adiwarna: Universitas Kristen Petra, 1(2):1-9.

Haerani, N.U dan Kasnir, M. 2019. Strategi Pengelolaan Wisata Pantai Berbasis Kesesuaian dan Daya Dukung di kampung Penyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Journal of Indonesian Tropical Fisheries, 2(2):136-147.

Purwasi, R.S., Hendrawan, F., dan Ramadhan, A.Z. 2019. Perancangan Video Promosi Objek Wisata Ranudi Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 2(1):37-52.

Diantasari, N.L.P.M.D dan Suryawan, I.B. 2018. Strategi Pengelolaan Air Terjun Peng Empu Sebagai Daya Tarik Wisata Alam di Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2):274-280.

Hardianto, W.T., Emelia, dan Chornelia, R.M.W. 2021. Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid-19 (Studi di Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo, Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(1):38-52.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.