Kegiatan Pemanfaatan Tanaman Herbal sebagai Penangkal Covid-19 pada Ibu-ibu PKK Kelurahan Dinoyo

A Yusuf Kholil, Farah Mutiara, Farida Kusuma Astuti

Abstract

Dunia saat ini sedang dilanda suatu wabah  berbahaya yang baru ditemukan berjenis Covid 19 atau yang biasa dikenal virus corona. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019. Hingga saat ini Covid 19   telah menjadi  sebuah pandemi yang mewabah diseluruh belahan dunia, termasuk di Negara Indonesia.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah Sosialisasi ke warga mengenai jenis tanaman herbal (jeruk) dan manfaat yang dapat digunakan untuk menangkal virus dengan metode pendekatan kelompok Sosialisasi cara budidaya dan perawatan tanaman herbal (jeruk) yang tepat, Memberikan bibit tanaman jeruk kepada warga.  Metode kegiatan pengabdian  masyarakat  adalah  dengan  melakukan  penyuluhan pertanian. Metode penyuluhan pertanian dibedakan berdasar 3 jenis, yaitu pendekatan perorangan, pendekatan kelompok, dan pendetan massal.Target yang dicapai dari kegiatan ini adalah 75% dimana Ibu-ibu PKK sudah dapat melakukan budidaya tanaman jeruk sebagai tanaman herbal penangkal Covid-19. selanjutnya target 25% adalah kegiatan pendampingan secara kontinyu

Keywords

Covid 19; herbal; penangkal

Full Text:

PDF

References

Azizah, K. 2020. Virus Corona Mewabah, Ini Penjelasan 7 Tanaman di Indonesia Bisa Jadi Penangkal https://www.merdeka.com/trending/virus-corona-mewabah-ini-penjelasan-7-tanaman-di-indonesia-bisa-jadi penangkal-kln.html [Diakses Tanggal 14 Agustus 2020].

Adhi, I.S. 2020. Pandemi-Virus-Corona-Jeruk-Nipis-Bisa Tingkatkan-Daya-Tahan-Tubuh (Online) https://kesehatan.kontan.co.id/news/kasus-corona-terus-bertambah-konsumsi-7-buah-ini-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh?page=all [Diakses tanggal 14 Agustus 2020].

Fadhil, A., Rahmawati, N.Y., dan Alditia, F.N. 2020. Lawan Virus Corona: Studi Nutrisi untuk Kekebalan Tubuh. Airlangga University Press. Surabaya.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Wahjuti, U. 2014. Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka. Banten.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.