PKM PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH KASIH IBU KOTA BENGKULU

Novitri Kurniati Kurniati, Islamuddin Islamuddin Islamuddin, Jafrizal Jafrizal Jafrizal

Abstract

Pengurus Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kasih Ibu menyadari masih kurangnya program kegiatan yang bisa menambah soft skill anak asuh yang dapat menjadi modal anak nantinya dalam memasuki dunia kerja. Dari SOP pengasuhan, hanya tercantum tiga kegiatan keterampilan hidup (live skill) yaitu keterampilan memasak kue, menjahit dan komputer. Minimnya pelatihan keterampilan ini dikhawatirkan akan melemahkan kemampuan anak dalam membangun masa depannya di kemudian hari. Untuk kedepan, pihak panti berkeinginan agar anak-anak panti bisa mendapatkan pelatihan keterampilan yang bisa menghasilkan produk yang laku di pasaran. Selama ini memang sudah pernah dilakukan pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh pihak ketiga, akan tetapi belum ada diantara pelatihan tersebut yang berkelanjutan dan menghasilkan produk yang laku dipasarkan. Cabe merah merupakan salah satu bumbu yang tidak bisa dipisahkan lagi dengan keseharian kita, bersifat gampang busuk dan harga sering berfluktuasi. Dengan teknologi cabe segar dapat diolah lebih lanjut menjadi aneka produk olahan seperti cabe kering, cabe bubuk, pasta cabe, dan bermacam-macam saos cabe. Disamping dapat memperpanjang umur simpan produk, pengolahan cabe merah juga merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Dengan memperhatikan hal di atas dan berdasarkan diskusi tim pengusul dengan pengurus panti, maka disepakati untuk mengajukan suatu Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dalam mengolah cabe merah menjadi aneka produk olahan cabe diantaranya cabe kering, cabe bubuk, abon cabe, pasta cabe dan aneka saos cabe. Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya pendidikan dan penyuluhan mengenai teknologi pengolahan tanaman hortikultura khususnya cabe merah, pelatihan pembuatan aneka pengolahan cabe merah, pengemasan, pemasaran dan analisis usaha. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dapat meningkatkan keberdayaan, pengetahuan dan keterampilan mitra kegiatan.

Keywords

Panti Asuhan; Olahan Cabe Merah

Full Text:

PDF

References

Anonim. Profil Panti Asuhan Aisyiyah Kasih Ibu Kota Bengkulu. Pimpinan Wilayah Aisyiyah Bengkulu. 2018.

Anonim. Cabe Kering dan Cabe Bubuk. Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri. Sulawesi Selatan. 2014.

Jumasda. Studi Pengaruh Penambahan Gas CO2 Terhadap Umur Simpan Cabe Keriting Tanpa Blanching. Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Jurusan Teknologi Pertanian FP. Hasanuddin. Makasar. 2012.

Kurniati, N , Nawi, H dan Fitriani, D. Produktivitas dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi pada Usahatani Jagung di Kec. Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko Bengkulu. Jurnal Agripita, Jurnal Agribisnis dan Pembangunan Pertanian. I (1) Fak. Pertanian Univ. Sriwijaya Palembang. 2017.

Kurniati, N , Jafrizal, Mufriantie, F. Teknologi Pengolahan Cabe Merah bagi Kelompok Wanita Tani Desa Sukasari Kabupaten Kepahiang. (JAPI) Jurnal Akses Pengabdian Indonesia 4: 1 (2019) : 12.

Satahu, S. 2018. Membuat 6 Olahan Cabe. Penebar Swadaya. Jakarta. 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.