PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMK JURUSAN TATA NIAGA

Hardisem Syabrus

Abstract


This research aims to determine the extent to which students have confidence in achieving graduate competency standards. The study was conducted by survey method using observation and questionnaires to 126 vocational students at the SMK Commerce in the City of Pekanbaru. The results of this research explained that in general, students’ self-confidence reached “graduated competency standard” at a moderate level (average = 3.57, STDV = .543). Which is there’s only 5 items from competency standards that have high self-confidence with percentage of 56,15%, while there’s 7 items that have moderate self-confidence with percentage of 43,85%. The results showed that the importance of growing students' confidence in achieving overall graduate competency standards, and it is expected that teachers also improve simulations in the learning process especially to improve 7 items in the competency standards so that high student confidence is achieved.


Keywords


confidence; standard of competence.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D. & Fauzi, A. (2017). Pengaruh bauran eceran terhadap keputusan pembelian (Survei pada Konsumen Toko Sarikat Jaya Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis. 47(2), Juni 2017.

Anom, E. (2004). Komunikasi dalam negosiasi bisnis. Jurnal Komunikologi. 1(2), September 2004.

Arieza, U. (2017). Tips Karier: 5 Jurus Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Miliki Rencana hingga Sosok Inspiratif. Oke Finance. (https://economy.okezone.com/read/2017/10/07/320/1790714/tips-karier-5-jurus-meningkatkan-rasa-percaya-diri-miliki-rencana-hingga-sosok-inspiratif).

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(2), Juli-Desember 2016.

Hakim, T. (2004). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hasanah, F. (2016). Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di jade bamboo resto Yogyakarta. Jurnal Keluarga. 2(1), Februari 2016.

Inayah, S. (2014). Konflik dan Negosiasi dalam Perspektif Komunikasi.Jurnal Komunikasi dan Sosial Keagamaan. XVI (2), Juli 2014.

Mahrita, E. (1997). Pengembangan inventori kepercayaan diri (penelitian reliabilitas, validitas dan norma pada sampel mahasiswa berusia 18-27 tahun di Jakarta dan sekitarnya). Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Martiman. (2014). Strategi pemasaran barang dan jasa perusahaan melalui media iklan. Jurnal Ilmiah Widya. 2(2), Mei-Juli 2014.

Mastuti & Aswi. (2008). 50 Kiat percaya diri. Jakarta: PT. Buku Kita.

Moeheriono. (2010). Pengukuran kinerja berbasis kompetensi. Surabaya: Ghalia Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan nasional No 28 Tahun 2009 tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Purwantinah, A. (2017). Peningkatan kemampuan melakukan proses admistrasi transaksi pembelian dan penjualan sesuai dengan sop administrasi transaksi dengan menggunakan metode simulasi pada peserta didik kelas XII pemasaran 3 SMK N I Bantul tahun ajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. XV (2), 2017.

Purwanto, E. & Posingi. (2018). Pengembangan sistem pembayaran mahasiswa dengan mobile payment BTN Syariah. Jurnal Inkofar. 1(2), Desember 2018.

Rozhana, K.M., & Harnanik. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Jurnal Inteligensi: Ilmu Pendidikan. UNITRI Press. 1(2), 39-45. http://dx.doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355

Saputra. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pengguna iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 50(6), September 2017.

Suharminanto, A. (2016). Peningkatan prestasi belajar standar kompetensi mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan dengan pembelajaran jigsaw dan explicit instruction. Jurnal Dewantara. 2(2), Septermber 2016.

Susaf’ati. (2016). Pelayanan cargo udara berbasis online pada jasa pengiriman barang (Studi Kasus pada PT. Lancar Semesta Dirgantara). Jurnal Techno Nusa Mandiri. XIII (2), September 2016.

Susetyarsi, T.H. (2010). Mencari Peluang di Lingkungan Pemasaran. Journal STIE Semarang. (2)1, Februari 2010.

Sutrisno, E. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit: Jakarta, Kencana.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa studi kasus di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unmuh Pare-pare. Jurnal Biotek. 5(1), Juni 2017.

Widodo, S. (2017). Pengaruh discount, display produk, dan lokasi toko terhadap keputusan pembelian di toko d’sport Kediri. Jurnal Simki-Economic. 1(1), 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1499

Article metrics

Abstract views : 148 | views : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hardisem Syabrus