EFEKTIVITAS SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR
Kardiana Metha Rozhana, Nila Kartika Sari
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan membuktikan sosiodrama efektik dalam meningkatkan kesadaran kepedulian sosial di sekolah dasar. Penelitian menggunakan eksperimental semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest satu kelompok (the one group pretest – posttest design). Rancangan penelitian ini, satu kelompok tes atau subyek penelitian akan diberikan treatment yang sama. Treatment yang diberikan adalah sosiodrama yang dapat meningkatkan kepedulian sosial. Secara signifikansi berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu uji beda two related samples test Wilcoxon diperoleh nilai Wilcoxon sebesar ( -4.783a) dengan nilai asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan tingkat yang signifikan pada kepedulian sosial siswa antara sebelum dan sesudah melakukan pelatihan sosiodrama pada sasaran eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai asymp.Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau probability error ( 0.000 < 0.05). dengan kata lain bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa sekolah dasar. Maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kepedulian sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa.
Keywords
sosiodrama; kepedulian sosial; sekolah dasar
References
Amri, Sofan., dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Budi S, Djoko. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.
Budiningsih, Dr.C.Asri.2001. pembelajaran Moral. Jakarta: Rieneka Cipta
Burnside, Irene Mortenson, dkk.1979. Psychosocial Caring Throughout The Life Span. (Online) (http://books.google.co.id/books/psychosocial-caring-throughout-the-life-span/) diakses 13 Oktober 2017
Hurlock, E.B. 2006. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Muthuharoh, Hartinah. 2010. Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method).(Online) (http://alhafizh84.wordpress.com/210/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/)diakses 10 Oktober 2017
Romlah, Tatiek. 2006. Teoridan Praktek Bimbingan Kelompok: UM Malang
Santrock, John.W.2 007. Perkembangan Anak: Erlangga
Saptono, M.Pd. 2011. Dimensi – dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta