EFEKTIVITAS SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Kardiana Metha Rozhana, Nila Kartika Sari

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan membuktikan sosiodrama efektik dalam meningkatkan kesadaran kepedulian sosial di sekolah dasar. Penelitian menggunakan eksperimental semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest satu kelompok (the one group pretest – posttest design). Rancangan penelitian ini, satu kelompok tes atau subyek penelitian akan diberikan treatment yang sama. Treatment yang diberikan adalah sosiodrama yang dapat meningkatkan kepedulian sosial. Secara signifikansi berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu uji beda two related samples test Wilcoxon diperoleh nilai Wilcoxon sebesar ( -4.783a) dengan nilai asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan tingkat yang signifikan pada kepedulian sosial siswa antara sebelum dan sesudah melakukan pelatihan sosiodrama pada sasaran eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai asymp.Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau probability error (  0.000 < 0.05). dengan kata lain bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa sekolah dasar. Maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kepedulian sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa.

Keywords

sosiodrama; kepedulian sosial; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Amri, Sofan., dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Budi S, Djoko. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.

Budiningsih, Dr.C.Asri.2001. pembelajaran Moral. Jakarta: Rieneka Cipta

Burnside, Irene Mortenson, dkk.1979. Psychosocial Caring Throughout The Life Span. (Online) (http://books.google.co.id/books/psychosocial-caring-throughout-the-life-span/) diakses 13 Oktober 2017

Hurlock, E.B. 2006. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Muthuharoh, Hartinah. 2010. Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method).(Online) (http://alhafizh84.wordpress.com/210/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/)diakses 10 Oktober 2017

Romlah, Tatiek. 2006. Teoridan Praktek Bimbingan Kelompok: UM Malang

Santrock, John.W.2 007. Perkembangan Anak: Erlangga

Saptono, M.Pd. 2011. Dimensi – dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.1140 | Viewed : 515 | Download : 1044
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.