Pelatihan TOEP Bagi Mahasiswa

Rizky Lutviana, Siti Mafulah

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat keahliah berbahasa Inggris seperti TOEP merupakan salah satu pesyaratan yang umum digunakan dalam rangka melamar pekerjaan ataupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diberikan bekal kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra program pengabdian masyarkat ini adalah (1) Kurang tersedianya materi ajar yang up to date and lengkap, (2) materi kurang terkoordinir dengan baik, (3) tersedianya waktu yang singkat untuk pelatihan, dan (4) nilai rata-rata yang rendah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah memberikan pelatihan TOEP secara rutin selama 2 minggu, 4 pertemuan setiap kelas yang berisikan (1) pemberian materi mengenai pentingya kemampuan bahasa Inggris dalam era saat ini, (2) pelatihan TOEP dengan menggunakan metode pengajaran note taking untuk Listening Section (3) pelatihan TOEP dengan menggunakan metode error analysis untuk Structure and Written Expression Section, dan (3) pelatihan TOEP dengan menggunakan metode metacognitive strategy untuk Reading Section

Keywords

kemampuan Bahasa Inggris, pelatihan, TOEP

Full Text:

PDF

References

Nejad, B. S.&Shahrebabaki, M. M. Effects Of Metacognitive Strategy Instruction On The Reading Comprehension Of English Language Learners Through Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA). International Journal of Languages Education and Teaching.3(2).(2015). 133-164.

Sharpe, P.J.Barron’s TOEFL iBT: Internet-Based Test, 12th Editions. Jakarta: Binarupa Aksara,2007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.