PERBAIKAN PROSES PENGIRISAN ADONAN DAN KEMASAN KERUPUK DI UKM MITRA UD. INDAH PRATAMA DESA KILENSARI KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

Nur Lailatul Rahman, Ika Atsari Dewi

Abstract

Beberapa kendala yang dihadapi oleh perajin kerupuk ikan dan cumi di Desa Kilensari diantaranya minimnya teknologi pengirisan adonan kerupuk dan teknologi pengemasan. Pengirisan adonan kerupuk yang berbentuk lonjong (“lontongan”) hanya menggunakan pisau dan telenan sehingga waktu produksi lama dan ketebalan irisan kerupuk tidak seragam, sedangkan proses pengemasan menggunakan plastik yang direkatkan dengan lilin dan ujung diikat menggunakan tali rafia. Teknologi yang telah diintroduksi yaitu dengan perbaikan metode pengirisan adonan serta pengemasan berupa mesin pengiris adonan kerupuk dan handsealer yang memenuhi syarat LLM (Low Technology, Low Investment, dan Marketable) melalui fasilitasi mesin pengiris adonan kerupuk dan handsealer. Selain itu Well Proven Technolgy yang diterapkan yaitu teknologi bersifat praktis, mudah diterapkan pada masyarakat pada umumnya, serta bisa meningkatkan produktivitas kerja dengan waktu yang lebih efisien dan kapasitas produksi bertambah. Luaran kegiatan ini yaitu (1) penurunan waktu produksi, kemudahan proses pengirisan adonan kerupuk lontongan, dan tebal kerupuk seragam, (2) kemudahan proses sealing dan perbaikan kemasan, (3) pemahaman terhadap manajemen industri (Aspek Produksi, Teknik Pengemasan dan Bauran Pemasaran) yang diketahui dari hasil pre test dan post test yang telah diberikan, dan (4) terbukanya wawasan Mitra akan pentingnya bauran pemasaran.

Keywords

waktu produksi; kemasan; produksi kerupuk

Full Text:

PDF

References

Anonim. (2015). Profil Desa Kilensari Panarukan. http://kerajinankilensari.blogspot.co.id/2015/01/profil-kerajinan-desa-kilensari.html. Diakses tanggal 23 Mei 2016.

Christina. (1998). Kajian Mutu Kerupuk Kemplang dari Ikan Tengiri. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Davit. (2016). Jual Mesin Perajang Kerupuk Lontongan Harga Alat Pemotong Manual Pengiris Kerupuk Lontongan. http://kerajinankilensari.blogspot.co.id/2015/01/profil-kerajinan-desa-kilensari.html. Diakses tanggal 23 Mei 2016.

Warintek. (2011). Kerupuk. http://www.warintek.ristek.go.id. Diakses tanggal 12 Oktober 2017.

Wulandari, dkk. (2013). Prediksi Umur Simpan Kerupuk Kemplang dalam Kemasan Plastik Polipropilen Beberapa Ketebalan. Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Lampung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.