PERSONAL HYGIENE PADA ANAK SD NEGERI MERJOSARI 3

Verarica Silalahi, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Personal hygiene adalah kebersihan dan kesehatan perorangan yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit pada diri sendiri dan orang lain, baik secara fisik maupun psikologis. Faktor yang memengaruhi personal hygiene adalah kebudayaan, agama, lingkungan, tingakatan perkembangan sesuai usia, kesehatan dan energi, serta preferensi pribadi. Mitra adalah SD Negeri Merjosari 3. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pengetahuan mitra mengenai konsep personal hygiene yang baik dan benar. Selain itu, tidak adanya program UKS mengenai personal hygiene menambah kurangnya penyebarluasan informasi mengenai personal hygiene yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang disertai dengan demonstrasi konsep personal hygiene. Dari hasil pemeriksaan personal hygiene, didapatkan bahwa permasalahan mitra paling banyak adalah masalah gigi berlubang (63%) dan masalah kuku panjang dan/atau kotor (62%). Kegiatan selanjutnya adalah memberikan penyuluhan mengenai konsep personal hygiene yang baik dan benar. Keikutsertaan siswa terlihat dari antusias mereka ketika diberikan penyuluhan dan demonstrasi cara mencuci tangan. Kehadiran siswa dalam mengikuti penyuluhan adalah 99,49%.

Keywords

Personal Hygiene; Anak Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Aulia, F.I., Muhlisin, H.M.A., dan Kartinah. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Personal hygiene terhadap Pengetahuandan Sikap di SDN Rembes 1 Dusun Watugimbal Kecamatan Beringin kabupaten Semarang. Artikel. Surakarta: Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Effendy. (1998). Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Hassan, R., Alatas, H., Latief, A., Napitupulu, P.M., Pudjiadi, A., Ghazali, M.V., dan Putra, S.T. 2002. Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 1. Jakarta: Infomedika.

Isro’in, L., dan Andarmoyo, S. (2012). Personal hygiene. Jakarta: Graha Ilmu.

Kozier dan Erb, G. (2009). Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis Kozier & Erb. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjannah, A., Rakhmawati, W., dan Nurlita, L. 2011. Personal hygiene Siswa Sekolah Dasar Negeri Jatinangor. Artikel. Bandung: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran.

Potter, P.A. dan Perry, A.G. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Saryono. (2010). Catatan Kuliah Kebutuhan Dasar Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tarwoto dan Wartonah. (2006). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahit, I. M. (2009). Buku Ajar Keperawatan Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Wendari. (2001). Peran kebersihan rongga mulut pada pencegahan karies dan penyakit periodontal. Surabaya: Majalah kedokteran gigi Universitas Airlangga.

Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta: EGC.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.