BUDIDAYA RUMPUT LAUT GRACILLARIA WRINGIN ANOM

Kusriani Kusriani, Supriatna Supriatna, Putut Widjanarko

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah disseminasi teknologi budidaya rumput laut Gracillaria pada kelompok tani rumput laut Gracillaria di Desa Tanjung Pecinan dan Desa Wringin Anom. Penerapan teknologi budidaya rumput laut gracillaria diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan para pembudidaya rumput laut gracillaria. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah PRA (Participatory Rural Appraisal) yaitu melibatkan masyarakat dalam kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi sosialisasi (penyuluhan), pelatihan, pilot project (demplot), monitoring dan evaluasi keberhasilan program. Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan ada perubahan pola fikir dalam cara budidaya rumput laut Gracillaria. Hasil pengabdian menunjukkan adanya perubahan pola fikir budidaya rumput laut Gracillaria yang ditunjukkan dengan hasil panen rumput laut meningkat dari segi kuantitas maupun kualitas.

Keywords

gracillaria, partisipasi, masyarakat, rumput laut, petani

Full Text:

PDF

References

DKP. 2016. Harga rumput laut 2015. http://kkp.go.id/index.php/pers/harga-turun-kkp-dorong-asosiasi-serap-rumput-laut/

DKP.Situbondo. 2016. Laporan statistic DKP Kab. Situbondo Tahun 2016 http://situbondokab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/286.

Jasuda.net. 2013. http://jasuda.net/index_mbr.php?page=infopasar

Oliveira, V. P., Freire, F. A. M. & Soriano, E. M. 2012. Influence of Depth on the Growth of the Seaweed Gracilaria Birdiae (Rhodophyta) In A Shrimp Pond . Braz. J. Aquat. Sci. Technol., 2012, 16(1): 33-39.

Novyandi R, Riris A, dan Isnaini., 2011. Laju Pertumbuhan Rumput Laut Gracilaria sp. dengan Metode Rak Bertingkat di Pantai Kalianda, Lampung Selatan.

Susilowati, T., 2005. Kajian Pertumbuhan Rumput Laut (Gracilarian sp) Di Tambak dengan Berat Awal Penanaman Berbada. Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Semarang.

Winarno FG. 1996. Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Upeks., 2016. Harga rumput laut. http://upeks.co.id/aksi-korporasi/harga-rumput-laut-anjlok.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.