PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA PKK MELALUI USAHA PEMBUATAN YOGHURT DI DESA WISATA MULYOREJO KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Lorine Tantalu, Pramono Sasongko, Rozana Rozana

Abstract

Desa Mulyorejo merupakan salah satu penghasil susu terbesar di area Kabupaten Malang. Komoditas tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang mendasari desa tersebut dinobatkan menjadi Desa Wisata. Selama ini, susu pasca panen diperjual belikan melalui koperasi untuk diteruskan ke Industri Pengolah Susu. Dampaknya adalah ketika beberapa susu tidak layak jual, susu tersebut akan dikembalikan kepada pihak koperasi dan disebut susu afkir. Tidak jarang susu afkir tersebut langsung dibuang karena masyarakat belum mengetahui proses pengolahan dan penyimpanan susu afkir dan kelayakan susu afkir tersebut. pelatihan kali ini bertujuan untuk mengenalkan, memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pengolahan susu sederhana siap konsumsi utamanya pada anggota PKK. Harapannya adalah dapat menjadi lapangan kerja baru yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengolahan susu segar maupun susu afkir, adanya diversifikasi produk susu dan menghasilkan produk andalan yang dapat menarik wisatawan domestic maupun mancanegara melalui produk olahan susu siap konsumsi baik susu maupun yoghurt aneka rasa.

Keywords

Desa Mulyorejo, Desa Wisata, Susu, Olahan Susu, Yoghurt

Full Text:

PDF

References

Ariningsih, E. 2007. Pengaruh Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Konsumsi Susu dan Produk Olahan Susu. Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020. http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/fullteks/lokakarya/ loksp08-66.pdf. Akses tanggal 4 April 2017.

Finarsih, F. 2014. Uji Kualitas Yoghurt Susu Sapi Dengan Penambahan Madu dan Lactobacillus bulgaricus Pada Konsentrasi yang Berbeda. Naskah Publikasi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Gianti, I dan Evaniarum, H. 2011. Pengaruh Penambahan Gula dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Fisik Susu Fermentasi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, Maret 2011. Hal 28 – 33. Vol. 6, No. 1. ISSN : 1978 – 0303.

Hafsah dan Astriana. 2010. Pengaruh Variasi Starter Terhadap Kualitas Yoghurt Susu Sapi. Jurnal Sains dan Teknologi. Fakultas Sains dan Teknologi. ojs.unm.ac.id/index.php/ bionature/article/download/1433/504. Akses tanggal 4 April 2017.

Jaya, F., Kusumahadi, D., dan Amertaningtyas, D. 2011. Pembuatan Minuman Probiotik (Yoghurt) dari Proporsi Susu Sapid dan Kedelai dengan Isolat Lactobacillus casei dan Lactobacillus plantarum. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak , Maret (2011), Hal 13 -17, Vol. 6, No. 1. ISSN : 1978 – 0303

Koswara, S. 2013. Teknologi Pembuatan Yoghurt. E-book.Pangan. http://tekpan.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Teknologi-Pembuatan Yoghurt.pdf. Akses tanggal 4 April 2017.

Resnawati, H. 2007. Kualitas Susu Pada Berbagai Pengolahan dan Penyimpanan. Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020. http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/fullteks/lokakarya/loksp08-66.pdf. Akses tanggal 4 April 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.