Penyusunan LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets Bagi Guru SMP

Rizal Dian Azmi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam mentransfer pengetahuan. Selama pandemi, guru dituntut memiliki kreativitas dalam menyusun LKPD yang diakses siswa secara online. Namun, fakta di SMPN 18 Malang menunjukkan bahwa LKPD yang disusun guru berbentuk file Portable Document Format (PDF) yang dalam penggunaannya siswa harus mencetak dan mengisi secara manual. Melalui diskusi dengan Kepala SMPN 18 Malang, permasalahan pembelajaran di sekolah yaitu kurangnya pelatihan penyusunan LKPD secara online kepada guru sehingga siswa kurang antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran online. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 30 guru SMPN 18 Malang dalam menyusun LKPD interaktif menggunakan aplikasi liveworksheet. Pelaksanaan program pengabdian diawali dari sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara blended dibantu oleh tim mahasiswa “Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen”. Ketercapaian pelatihan dan pengabdian ini didasarkan pada tersusunnya LKPD pada aplikasi Liveworksheet. Hasil yang baik telah dicapai dalam pelaksanaan pengabdian ini dengan 70% guru menyelesaikan LKPD interaktif yang menarik menggunakan aplikasi Liveworksheet.

Keywords

LKPD interaktif; LKPD online; Liveworksheet

Full Text:

PDF

References

Wahyuni, K.S.P., Candiasa, I.M., dan Wibawa, I.M.C. 2021. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2):301-311.

Zulainy, F., Rusdi, R., dan Marzal, J. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1):812-828.

Aldresti, F., Erviyenni, E., dan Haryati, S. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3):292-299.

Khafida, I.L dan Ismono, I. 2021. Pengembangan Lkpd Inkuiri Berbasis Hands-on dan Minds-on Activity Untuk Meningkatkan Hots Pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal Of Chemical Education, 10(1):38-47.

Rahman, I.N., Hidayat, S., and Nulhakim, L. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2):99-110.

Rahmanto, J.P dan Rosy, B. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Pada Kelas Xi Otkp Di SMK Kawung 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4):78-84.

Muslimin, S dan Rafiqah, R., dan Ikbal, M.S. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Dengan Model Penalaran Kausal Untuk Memecahkan Masalah. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1):8-16.

Rhosyida, N., Muanifah, M.T., Trisniawati, T., dan Hidayat, R.A. 2021. Mengoptimalkan Penilaian Dengan Liveworksheet Pada Flipped Classroom Di SD. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1):568-578.

Yuni, R dan Afriadi, R. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Kondisional Untuk Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Handayani, 11(2):144-152.

Fauzi, A., Rahmatih, A.N., Indraswati, D., dan Sobri, M. 2021. Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif Di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3):232-240.

Lathifah, M.F. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1):25-30.

Eliana, E., Nindiasari, H., dan Santosa, C.A.H.F. 2021. Development Of E-Learning Teaching Materials on Matrices Based On Cognitive Load Theory. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1):47-63.

Prabowo, A. 2021. Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10):383-388.

Widiyani, A dan Pramudiani, P. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1):132-141.

Aisah, A., Zaqiah, Q.Y., dan Supiana, A. 2021. Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2):128-135.

Andiani, D., Hajizah, M.N., dan Dahlan, J.A. 2020. Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1):80-90.

Ummah, S.K. 2018. Pelatihan Pembuatan E-Learning Sebagai Sarana Evaluasi Pembelajaran Matematika Di SMA Muhammadiyah Jombang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3):117-127.

Ummah, S.K dan Azmi, R.D. 2020. Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1):43-52.

Ariyanto, L., Handayanto, A., Prayito, M., Aini, A.N., dan Wulandari, D. 2021. Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Limpung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(2):308-313.

Ummah, S.K., Inam, A., dan Azmi, R.D. 2019. Creating manipulatives: Improving Students Creativity Through Project-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 10(1):93-102.

Ummah, S.K dan Azmi, R.D. 2020. Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika dengan Bercirikan Joyful Learning. Publikasi Pendidikan, 10(2):93-99.

Azmi, R.D dan Ummah, S.K. 2021. Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Digital Berbasis Kontekstual. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4):1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.