Desain Taman Bugar Dan Pintar TK Islam Terpadu Al-Ma’Un, Di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Hendra Kurniawan, Debora Budiyono, Astri Sumiati, Sri Andika Putri, Asnah Asnah

Abstract

Lembaga pendidikan formal yang mendidik anak usia dini dikenal dengan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Taman Kanak-Kanak merupakan bentuk pendidikan pra sekolah yang menyediakan program pendidikan dini yang diperlukan oleh siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk kehidupan selanjutnya. Pada TK Islam Terpadu Al-Ma’Un proses pembelajaran telah sesuai dengan esensi dari pendidikan anak usia dini. Namun demikian, dalam melaksanakan proses pembelajaran masih terbatas dengan penggunaan alat permainan dan belum memanfaatkan taman sekolah sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan taman sekolah dalam proses pembelajaran melibatkan kreativitas guru dalam memanfaatkan dan mempraktekkannya sebagai media belajar. Oleh karena itu perlu menciptakan tempat bermain yang aman dan nyaman bagi murid TK sebagai ekoedukasi. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah mendesain sebuah Taman Bugar dan Pintar TK Islam Terpadu Al-Ma’Un, di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah Participation Learning Action (PLA) dan Focussed Group Discussion (FGD). Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah sebuah desain yang berkonsep meningkatkan kualitas akademik, kesehatan, dan peduli lingkungan. Konsep taman terdiri dari site plan, konsep fasilitas, dan konsep tanaman yang menjadi pedoman dalam mewujudkan Taman Bugar dan Pintar TK Islam Terpadu Al-Ma’Un.

Keywords

Desain; Taman Bugar dan Pintar; TK Al-Maun

Full Text:

PDF

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1990. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Prasekolah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta. 11 Halaman.

Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. FIP UPI. Bandung.

Ariani, I., Lubis, R.N., Sari, S.H., Fransisca, Y., dan Nasution, F. 2022. Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6):12347-12354.

Riswandi, F.N. 2021. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1):66-78.

Rahmawati, P., Nurwuni, dan Sumitra, A. 2020. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Jurnal CERIA, 3(2):102-109.

Fitriani, R. 2018. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1):25-34.

Budiyono, D., Kurniawan, H., Sumiati, A., dan Asnah. 2023. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penataan Taman Rumah Tinggal RW 09 Kelurahan Merjosari, Kota Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 8(1):95-100.

Budiyono, D., Kurniawan, H., dan Sumiati, A. 2022. Penataan Taman Dan Fasilitas Sekolah TK Islam Al-Ma’Un Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Bermain Dan Belajar Anak, Di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 7(3):249-256.

Laurie, M. 1986. Pengantar Arsitektur Pertamanan. Intermata. Bandung.

Forman, R.T.T and Gordon, M. 1986. Landscape Ecology. John Willey & Sons. New York.

Budiyono, D., Kurniawan, H., Sumiati, A., dan Firdaus, S.I.R. 2022. Evaluasi Visual Taman Merbabu Family Park di Kota Malang. Jurnal Buana Sains, 22(3):151-156.

Kusuma, I.G.G.A.P., Kohdrata, N., dan Sutari, N.W.S. 2021. Konsep Desain Taman Bermain Ramah Anak di Lapangan Kapten Mudita Bangli. Jurnal VASTUKARA, 1(1):1-13.

Syarief, A dan Herdianing, M. 2016. Desain Sarana Berkebun dan Bermain untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, 1(1):1-10.

Nurjannah, D., Wahyu, Sari, D.P., Maghfirah, W.S., dan Oktanira, I. 2022. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun di Halaman Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1):49-59.

Afandi, A.A. 2020. Taman Kanak Kanak Berbasis Pendekatan Arsitektur Perilaku. Skripsi. Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian Institut Teknologi Sepuluh. Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.