Pemantapan Distribusi Peluang Kontinu Pada Guru MGMP Matematika SMA Negeri 22 Surabaya

Alfisyahrina Hapsery, Elvira Mustikawati Putri Hermanto, Intan Amelia Haryanto

Abstract

Dosen Program Studi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya melaksanakan pengabdian dalam bentuk pelatihan atau workshop secara luring (tatap muka) yang berlokasi di SMA Negeri 22 Surabaya. Sasaran kegiatan pengabdian msyarakat ini adalah guru MGMP Matematika SMA Negeri 22 Kota Surabaya dengan materi distribusi peluang kontinu dan menggunakan software minitab. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan penerapan distribusi peluang kontinu oleh para guru dalam MGMP Matematika SMA Negeri 22 Kota Surbaya. Melalui pendekatan ini, para guru diberdayakan untuk lebih efektif mengajarkan konsep-konsep matematika yang berkaitan dengan distribusi peluang kontinu kepada para siswa. Pemantapan ini tidak hanya mencakup pengembangan keterampilan mengajar guru, tetapi juga peningkatan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Metode kegiatan pengandian kepada masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan penjelasan studi simulasi menggunakan software minitab. Hasil menunjukkan mayoritas guru MGMP Matematika SMA Negeri 22 Kota Surabaya sangat puas dengan adanya pelatihan ini karena kegiatan ini sangat sesuai dengan kebutuhan guru penggunaan software dan perhitungan manual dalam konteks distribusi peluang kontinu. Dampak dari kegiatan ini para guru dan siswa dapat memahami dan menggunakan software minitab dalam konsep matematika yang berkaitan dengan distribusi peluang kontinu dengan baik.  

Keywords

distribusi normal; distribusi peluang kontinu; metode pengajaran

Full Text:

PDF

References

Indrasetianingsih, A., Hapsery, A., Lusyanti, I.G., dan Reihana, H.K.S. 2021. Pelatihan Two Way Anova Menggunakan Software R (Studi Kasus Pertumbuhan Panjang Hipokotil Tanaman Kedelai). Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, 6(2):107-112.

Undang-Undang Republik Indonesia. 1990. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta. 37 Halaman.

Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP. Deepublish. Yokyakarta.

Hadi, S., Gunawan, I., dan Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial: Teori dan Aplikasinya. Rajawali Pers. Depok. Indonesia.

Baist, A., Firmansyah, M.A., dan Pamungkas, A.S. 2019. Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa,” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1):29-36.

Brata, A.S., Anhar, A., dan Lestari, W. 2023. Pengenalan dan Pelatihan Software Minitab Kepada Guru-Guru MA Khalifa Nusantara Denpasar Bali. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1):18-22.

Rawa, N.R., Bela, M.E., dan Wewe, M. 2020. Pendampingan Pembelajaran Matematika Asyik dan Menyenangkan Melalui Penerapan Software Geogebra dan Microsoft Mathematics Bagi Guru Matematika Sma Se-Flores. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(1):20-27.

Andriani, D.G dan Lestari, F. 2021. Pengembangan Modul Statistika Berbasis Software Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Di Universitas Wahidiyah, DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(2):60-67.

Hapsery, A and Tribhuwaneswari, A.B. 2021. Monte Carlo Simulation in Quantile Regression Parameter for Sparsity Estimate. Journal of Physics: Conference Series, 2123(012027):1-9.

Hapsery, A and Tribhuwaneswari, A.B. 2023. Community Perceptions Classification Towards The Development of Transportation Access at Darmo Corridor Surabaya Using SVM and Naive Bayes Methods. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1263(012031):1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.