Digitalisasi Potensi Desa Melalui Pelatihan Digital Marketing Dan Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Tarik UMKM Di Desa Beku

Ranu Baskora Aji Putra, Ahmad Fadhlurrohman, Naila Inayatul Hikmatika, Ayun Dinar Safitri, Isti Mulyawati

Abstract

Digital marketing salah satu cara pemasaran yang saat ini diminati oleh pelaku usaha untuk dapat memasarkan produk buatannya secara digital. Produk keripik kelor salah satu produk unggulan dan diminati oleh masyarakat di Desa Beku. Pemasaran keripik kelor masih secara konvensional, seperti dititipkan di warung, atau pembeli datang langsung ke lokasi produksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, pelaku usaha membutuhkan pengetahuan mengenai manajemen usaha dan konsep komersialisasi produk khususnya yang berkaitan dengan desain kemasan dan pemasaran digital. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu sosialisasi desain kemasan produk serta pelatihan digitalisasi pemasaran melalui marketplace. Hasil dari kegiatan ini mencakup teknologi tepat guna berupa desain kemasan yang inovatif, menarik, dan sesuai tren. Selain itu, kegiatan ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kemasan melalui pelatihan pengembangan kemasan. Kegiatan ini juga membekali peserta dengan pengetahuan tentang promosi produk melalui platform e-commerce seperti Shopee. Dengan adanya pemahaman ini, diharapkan para pelaku UMKM mampu secara mandiri memperluas jangkauan distribusi produk. 

Keywords

digital marketing; desain kemasan; UMKM

Full Text:

PDF

References

Rivani, R., Muftiadi, A., dan Nirmalasari, H. 2021. Implementasi program digital marketing pada pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdi. Kepada Masyarakat, 4(2):353-362.

Badri, R.E., Pratisti, C., dan Putri, A.S. 2022. Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2):347-353.

Suraya, F., Maharani, D.G., Rachmawati, H., Putri, D.M.Y., dan Sari, R.A. 2021. Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2):52-58.

Buchari, R.A dan Nurcahya, E. 2021. Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 2(1):56-60.

Arifudin, O. 2020. PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2):20-28.

Yudhanto, F., Anugrah, R. A., dan Wijaya, O. 2022. Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk UMKM Masyarakat di Desa Wates Kulon Progo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1):61-66.

Agustina, R., Dwanoko, Y.S., dan Suprianto, D. 2021. Pelatihan Desain Logo dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(1): 69-76.

Supriyadi, S., Wiyani, W., dan Nugraha, G.I.K. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1):74-85.

Sari, N.L.D.I.D. 2013. Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk. Jurnal Profetik, 6(1):43-52.

Wheeler, A. 2009. Designing Brand Identity. John Wiley & Sons, Inc. Canada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.