Pelatihan Untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Sistem Pengkabutan Otomatis pada Mitra Kepung Seto

Purwono Prasetyawan, Ayu Soleha, Ilham Firman Ashari, Raizummi Fil’aini

Abstract

Pengujian sistem pengkabutan kumbung jamur tiram secara otomatis pada mitra kelompok pemuda mandiri Kepung Seto telah dilaksanakan. Sistem tersebut diuji-coba selama satu bulan pada masa pendampingan. Permasalahan dalam mengoperasikan sistem terutama karena mitra belum mengetahui bagaimana sistem bekerja. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman cara kerja sistem agar mitra dapat mengoperasikannya secara mandiri. Pendekatan penyelesaian masalah ini dengan pelatihan. Metodologi dalam pelatihan tersebut diantaranya dengan teknik ceramah plus diskusi, dan demostrasi tentang sistem dan penggunaannya serta evaluasi dengan cara pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah meningkatnya pemahaman mitra sebesar 29,83%  tentang pemahaman sistem dan penggunaannya. Nilai efektifitas pelatihan ini masuk kategori cukup efektif dengan presentasi nilai N-Gain sebesar 57,11%. Mitra merasakan puas atas kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih semoga kegiatan ini berlanjut di tahun mendatang untuk implementasi alat atau sistem pada anggota lainnya.

Keywords

ceramah plus diskusi; demonstrasi; pre-test dan post-test; N-Gain Score

Full Text:

PDF

References

Rosmiah, R., Aminah, I.S., Hawalid, H., dan Dasir, D. 2020. Budidaya Jamur Tiram Putih (Pluoretus Ostreatus) sebagai Upaya Perbaikan Gizi Dan Meningkatkan Pendapatan Keluarga. ALTIFANI Journal: International Journal of Community Engagement, 1(1):31-35.

Islahudin, N., Suprijono, H., Yusianto, R., and Rahadian, H. 2022. Utilization Of Control Technology For Mushroom Production Houses Using The Internet Of Things (IoT) in SMEs Omah Jamur Ungaran. Community Empowerment, 7(2):298-305.

Akbar, M.R., Setiyono, B., and Sofwan, A. 2022. Perancangan Purwarupa Sistem Pengaturan Suhu Dan Kelembapan Pada Ruang Budidaya Jamur Tiram. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8(3):238-243.

Purnama, H., Rahmawati, A., dan Adriaan, R. 2022. Rancang Bangun Alat Pengendali Suhu dan Kelembapan pada Kumbung Jamur Tiram Berbasis Arduino. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1):558-564.

Wajiran, W., Riskiono, S.D., Prasetyawan, P. and Iqbal, M. 2020. Desain Iot Untuk Smart Kumbung Dengan Thinkspeak Dan Nodemcu. POSITIF: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(2):97-103.

Kristiyanti, D.R., Wijayanto, A., dan Aziz, A. 2022. Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Internet of Things Menggunakan MQTT dan Telegram BOT. Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1):61-73.

Wajiran, W., Riskiono, S.D., Prasetyawan, P., Mulyanto, A., Iqbal, M., and Prabowo, R. 2020, October. Control and Realtime Monitoring System for Mushroom Cultivation Fields based on WSN and IoT. In Journal of Physics: Conference Series, 1655(1):012003. IOP Publishing.

Rosadi, A., Nur, R.A., Ridwan, D., dan Apriandinata, I. 2022. Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1):125-130.

Purwaningsih, D., Ardani, A., Widodo, A.N.A., dan Amalia, S.R. 2023. Pengaruh Metode Ceramah Plus Tanya Jawab Dan Tugas (Cptt) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self-Confidence. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2):149-160.

Maulida, I., Aminah, M., dan Wahyuni, D.E., 2022. Teknik Demonstrasi Pembelajaran Komunikasi Umum Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kualitas Desa Wisata Pada Anak-Anak Sekolah Dasar Di Desa Cibeusi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(7):5401-5406.

Endah, N.S. 2023. data pre test post test Efektifitas Terapi Wicara Dalam Mengatasi Speech Delay Anak Down Syndrome Di Lp-Abk Little Star Gresik. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1):119-125.

Raharjo, S. 2019. Cara Menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSS. SPSS Indonesia. Diakses pada 1 November 2023. https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.