Peningkatan Keterampilan Penggunaan Perangkat Lunak Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Dalam Persiapan Dunia Kerja

Niken Rarasati, Gusmi Kholijah, Oliva Cantica

Abstract

 Kemampuan literasi numerik yang baik dapat membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan matematika. Salah satu kendala dalam literasi numerik untuk yaitu keterbatasan keterampilan menggunakan perangkat lunak dan terkadang analisis yang dilakukan tidak sesuai dengan permasalahan dan data yang ada sehingga menghasilkan kesimpulan yang keliru dan berdampak terhadap hasil pengambilan keputusan. Kesalahan ini dapat ditemukan karena keterampilan penggunaan perangkat lunak masih dasar sedangkan dunia kerja menuntut lebih. Tujuan kegiatan adalah analisis data dalam meningkatkan kemampuan analisis data. Pelaksanaan kegiatan PPM ini dilakukan secara luring yang terdiri dalam tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahapan persiapan, tim PPM merkoordinasi dengan mitra, mempersiapkan modul pelatihan dan berbagai keperluan yang dibutuhkan. Tahapan pelaksanaan, Tim pengabdian bekerjasama dengan mitra Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Mengkarang FST mengadakan workshop “Peningkatan Keterampilan Penggunaan Perangkat Lunak Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Dalam Persiapan Dunia Kerja” pada Tangggal 24 November 2023 yang dihadiri oleh 40 orang mahasiswa FST UNJA. Kegiatan pengabdian ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memanfaatkan perangkat lunak untuk mengembangkan keterampilan literasi numerasi sebagai bekal persiapan kerja.

 

Keywords

keterampilan; literasi numerasi; perangkat lunak

Full Text:

PDF

References

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta. 76 Halaman.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2012. UU RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta. 97 Halaman.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Nadjamuddin, A dan Hulukati, E. 2022. KemampuanLiterasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1):987-996.

Mauliddin. 2017. Analisis Kesalahan Penggunaan Uji Statistik pada Skripsi Mahasiswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2):141-158.

Salvia, N.Z., Sabrina, P.F., dan Maula, I. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika, in ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan matematika Universitas Pekalongan). Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan. Pekalongan. 2022. Halaman 351-360.

Tanjung, T dan Arifudin, O. 2023. Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1):42-52.

Kholijah, G., Rarasati, N., Sormin, C., dan Perdana, J. 2023. Pelatihan Analisis Regresi dengan Software Statistik untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Dosen Politeknik Kesehatan Jambi. Jurnal PADI-Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 6(1):41-45.

Kholijah, G., Rarasati, N., dan Sormin, C. 2023. Peningkatan Analisis Desain Eksperimen Dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi Guna Menunjang Kualitas Penelitian. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(2):147-153.

Walpole, R.E. 1995. Introduction to Statistics. 3rd. (Pengantar Statistika Edisi Ke-3). Penerjemah: Bambang Sumantri. PT Gramedia Pustaka Utama.

Ihsan, M., Kholijah, G., Rarasati, N. 2020. Pelatihan Analisis Statistika Deskriptif Guna Mengeksplor Potensi Daerah dan Menunjang Kinerja di Kecamatan Jambi Luar Kota. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(1):13-20.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.