Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Sanitasi Lingkungan Kerja dan Penggunaan APD pada UKM Grand Larva Maggot Kota Malang

Nonok Supartini, Kgs Ahmadi, Arie Jefry Ka’rayeno

Abstract

Grand Larva merupakan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang berusaha dalam bidang pengolahan sampah organik menggunakan maggot. Selama ini Grand Larva belum mengetahui dan memahami tentang pentingnya sanitasi lingkungan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), padahal sampah merupakan sumber penularan penyakit yang potensial terhadap pekerja. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) oleh pekerja selama beraktivitas. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tim melakukan edukasi kepada pengelola dan pekerja Grand Larva agar mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya sanitasi lingkungan dan penggunaan APD. Metode yang digunakan penyuluhan, praktek langsung, pelatihan, dan pendampingan. Hasil yang diperoleh mitra telah dapat memahami tentang sanitasi lingkungan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Namun dalam kepatuhan penggunaan APD masih perlu ditingkatkan.

Keywords

Alat Pelindung Diri (APD); Grand Larva; sanitasi lingkungan

Full Text:

PDF

References

Nguyen, T.T.X., Tomberlin, J.K., and Vanlaerhoven, S. 2015. Ability of Black Soldier Fly (Diptera: Stratiomyidae) Larvae to Recycle Food Waste. Environ Entomol, 44(2):406-410.

Ziraba, A.K., Haregu, T.N., and Mberu, B.A. 2016. Review and Framework for Understanding The Potential Impact of Poor Solid Waste Management on Health In Developing Countries. Archives of Public Health, 74(55):1-11.

Pratama, A.C.R., Joegijantoro, R., dan Subhi, M. 2022. Pengaruh Sanitasi Lingkungan dan Kualitas Fisik Ruangan Terhadap Jumlah Kepadatan Lalat di Home Industri. Media Husada Journal Of Environmental Health, 2(1):145-151.

Pamukti, K.B dan Juwitaningtyas, T. 2021. Evaluasi Penerapan Prinsip-Prinsip Sanitasi Industri dan Higiene Karyawan. Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, 16(2):1-12.

Farsida, F dan Zulyanda, M. 2019. Analisis Penggunaan Alat Pelindung Diri Dalam Penanganan Sampah Medis Pada Petugas Cleaning Service di RSD Kabupaten Bekasi Tahun 2016. Jurnal Kesehatan, 12(1):14-23.

Dwiastuti, Y.R., Suroto, Kurniawan, B. 2015. Evaluasi Manajemen Alat Pelindung Diri (Apd) Di Instalasi Laundry Rs X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(3):651-663.

Arsy, G.R., Listyarini, A.D., Wulan, E.S., Putri, D.S., Purwandari, N.P., Fitriana, V., Lidya, S., dan Wulandari, E.I. 2022. Penerapan Apd (Alat Pelindung Diri) Lengkap Untuk Menunjang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pabrik Tahu “Rukun” Desa Dadirejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 5(2):170-180.

Ayu, F., Nourma, M.R., dan Sunaryo. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Pekerja Mekanik Di Area Workshop PT. XYZ Kota Surabaya. Medical Technology And Public Health Journal, 1(1):79-85.

Zendrato, R.R.P dan Sunardi. 2021. Penerapan Prinsif Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Ukm Pande Besi Tradisional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):48-58.

Mukhadiroh, L., Prasetya, T.A.E., dan Nawawinetu, E.D. 2019. Gambaran Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pekerja Pengolah Sampah Rsud Dr. Sugiri Lamongan. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 3(2):108-119.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.