Inisiasi Budidaya Hidroponik Guna Meningkatkan Perekonomian dan Ketahanan Pangan Masyarakat Desa Rembang, Kabupaten Kediri

Lilik Sulistyowati, Darwiyati Darwiyati, Muhammad Fauzi Hafa, Astri Sumiati

Abstract

Dunia pertanian menduduki peran penting di masyarakat karena merupakan sumber pangan utama dan menjadikannya kebutuhan utama pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Karakteristik masyarakat saat ini memiliki tempat tinggal dengan lahan yang sempit namun tetap ingin melakukan budidaya tanaman, maka metode hidroponik ini menjadi salah satu alternatif yang tepat. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang budidaya tanaman secara hidroponik untuk memperkenalkan budidaya tanaman hidroponik yang dapat menunjang kebutuhan ekonomi dan kebutuhan pangan mitra. Tim PKM UPBJJ-UT Malang melaksanakan kegiatan pelatihan budidaya tanaman hidroponik di Desa Rembang, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah warga mengalami peningkatan pengetahuan mengenai budidaya hidroponik sehingga warga memahami bahwa budidaya tanaman secara hidroponik dapat bernilai tambah ekonomi dan meningkatkan ketahanan pangan. Warga juga telah dapat melakukan budidaya hidroponik tanaman sayur pakcoy, kangkung dan selada secara mandiri. 

Keywords

hidroponik; kebutuhan pangan; pelatihan

Full Text:

PDF

References

Siswandi dan Sarwono. 2013. Uji Sistem Pemberian Nutrisi dan Macam Media terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada (Latuca sativa L.) Hidroponik. Agronomika, 8(1):144-148.

Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO 1(2): 43-50.

Rakhman, A., Lanya, B., Rosadi, R.A.B., dan Kadir, M.Z. 2015. Pertumbuhan Tanaman Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik dan Akuaponik. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 4(4): 245-254.

Surtinah. 2016. Penambahan Oksigen pada Media Tanam Hidroponik terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa). Jurnal Bibiet, 1(1):27-35.

Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatan Lahan denggan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 1(2): 43-50.

Masduki, A. 2017. Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit di Dusun Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Jurnal Pemberdayaan, 1(2):185-192.

Kilmanun, J.C dan Ndaru, R.K. 2020. Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Hidroponik di Malang Jawa Timur. Jurnal Pertanian Agros, 22(2):180-185.

Samudi, Mulyningtyas, R.D., Saptaria. L. 2021. Analisis Nilai Tambah Hasil Budidaya Sawi Hidroponik Sistem Wick Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Agrineca, 21(2):133-142.

Genting, S., Pandia, S.E.N.S., dan Wailan’An, E.J. 2023. Pelatihan Perhitungan Break Even Point Bagi Usaha Tanaman Hidroponik. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Methabdi, 3(1): 94-98.

Purwasih, R., Evahelda, Agustina, F., dan Pranoto, Y.S. 2019. Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Sayuran Secara Hidroponik di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Agrokreatif, 5(3):195-201.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.