Strategi Pengembangan Agrowisata Berbasis Tanaman Hias Di Desa Bokor

Sitawati Sitawati, Agus Suryanto, Euis Elih Nurlaelih, Paramyta Nila Permanasari, Karuniawan Puji Wicaksono, Medha Baskara, Dewi Ratih Rizki Damaiyanti

Abstract

Desa Bokor memiliki potensi sebagai Desa Wisata berbasis pertanian dan bentang alam serta letak yang strategis pada jalur wisata. Pada pengabdian masyarakat sebelumnya sudah dilakukan peningkatan ketrampilan perbanyakan tanaman hias dan analisis TWIN dalam pengembangan Desa Wisata di Desa Bokor. Sehingga, dalam mendukung program desa sebagai Desa Wisata diperlukan lomba kreativitas dan edukasi edukasi tanaman hias untuk meningkatkan keindahan dan kualitas lingkungan Desa Bokor. Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah: 1) Memanfaatkan lahan kosong atau tegal kosong dan pekarangan untuk budidaya tanaman hias, 2) Meningkatkan kualitas lingkungan desa dan meningkatkan keindahan desa, dan 3) Menggiatkan dan memotivasi warga desa untuk mewujudkan Desa Wisata. Masyarakat mengetahui dan memahami teknologi budidaya tanaman hias, manfaat, dan luaran pada kegiatan ini adalah: a) Masyarakat mengetahui dan memahami teknologi budidaya tanaman hias, b) Masyarakat dapat mengoptimalkan lahan pekarangan untuk tempat budidaya tanaman hias, dan c) Masyarakat desa menjadi termotivasi untuk mewujudkan desa agrowisata.

Keywords

Kata kunci: Agrowisata; Desa Bokor; tanaman hias

Full Text:

PDF

References

Solekah dan Aslamatis, N. 2021. Penguatan Perilaku Sehat Masyarakat Desa Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Melalui Sosialisasi Pemilahan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(2):153-162.

Utama, I.G.B.R. 2011. Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif. Universitas Dhyana Pura Bali.

Tati, B. 2013. Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat Pada Usahatani Terpadu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem pertanian. Jurnal Imu Pertanian Indonesia, 18(3):200-207.

Zulkarnain. 2009. Dasar-dasar Hortikultura. Bumi Aksara. Jakarta.

Anita dan Khairunisa Fitri, K. 2021. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tingkat Minat Masyarakat Dalam Memilih Tanaman Hias Menggunakan Metode Saw. Jurnal Teknik Rang, 4(1):199-205.

Igga, Z.E.B.K, Harisudin, M., dan Sundari, M.S. 2019. Analisis Pendapatan Usaha Penjualan Tanaman Hias Di Kota Surakarta. Jurnal Agrista, 7(1):22-31.

Srtyawan, D. 2022. Tinjauan Peningkatan Penjualan Tanaman Hias di Masa Pandemidengan Life Cycle Assesment (LCA)Dedy Setyawan National Multidisciplinary Sciences UM Jember Proceeding Series, 1(2):185-193.

Agung, A. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias (Studi Kasus Pada Naten Flower Shop Kota Samarinda). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Pembangunan, 14(1):46-58.

Adiputra, I.G., Suprastha, N., dan Herawati, T.R. 2019.Pengembangan Agrowisata Berbasis Tanaman Hias Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1):84-96.

Nurlaelih, E.E., Sitawati, Aini, N., Sugito, Y., Santoso, M., Baskara, M., dan Damaiyanti, D.R.R. 2021. Penerapanan Analisis Twin dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Bokor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 6(1):1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.