Pemberdayaan Poklahsar dalam Pengolahan Tepung Cangkang Gonggong di Desa Pengujan, Tanjung Pinang

Beauty Suestining Diyah Dewanti, Suprayogi Suprayogi, Wendra Gandhatyasri Rohmah, Riska Septifani, Andan Linggar Rucitra, Vindhya Tri Widayanti, Dhita Morita Ikasari

Abstract

Siput Gonggong menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Siput Gonggong memiliki cangkang yang berukuran relatif besar dan keras dengan penyumbang 60% berat bagian dari Gonggong. Cangkang Gonggong menjadi limbah dikarenakan masyarakat menganggap bahwa cangkang Gonggong sebagai sesuatu yang tidak bermanfaat. Cangkang Gonggong di Desa Pengujan, Kabupaten Bintan pada umumnya hanya dijadikan sebagai kerajinan souvenir dengan harga yang murah. Oleh karena itu program ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat di Desa Pengujan dalam memanfaatkan limbah cangkang Gonggong menjadi tepung yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan campuran pakan ternak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam pengolahan limbah cangkang Gonggong menjadi tepung. Hasil kegiatan ini adalah masyarakat Desa Pengujan memanfaatkan cangkang Gonggong yang ada di lingkungan sekitar sehingga meningkatkan nilai ekonomi.

 

Keywords

cangkang; pakan ternak; siput Gonggong; tepung

Full Text:

PDF

References

Cob, Z.C, Arshad, A., Bujang, J.S., dan Ghaffar, M.A. 2014. Spatial and Temporal Variations in Strombus Canarium (Gasrtopoda: Strombidae) Abudance At Merambong Seagrass Bed, Malaysia. Sains Malaysiana, 43(4):503-511.

Soeharmoko. 2010. Inventarisasi Jenis Kekerangan yang di Konsumsi Masyarakat di Kepulauan Riau. Jurnal Dinamika Maritim, 2(1): 45-52.

Waris, R.W.N. 2014. Kajian Stok Siput Gonggong (Strombus canarium) Perairan Madong, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepulauan Riau.

Shellim, I., Aisyah, dan Apriandi, A. 2020. Laju Kemunduran Mutu Gonggong (Strombus sp.) Segar pada Penyimpanan Suhu Chilling dan Ruang dengan Mutu Sensori. Marinade, 3(2): 168-177.

Hatijah, S., Lestari, F., dan Kurniawan, D. 2019. Struktur Komunitas Gastropoda di Perairan Tanjung Siambang Kelurahan Dompak Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Pengelolaan Perairan, 2(2):27-38.

Rosady, V.P., Astuty, S., Prihadi, D.J. 2016. Kelimpahan dan Kondisi Habitat Siput Gonggong (Strombus turturulella) di Pesisir Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Jurnal Perikanan Kelautan, 7(2): 35-44.

Dody, S. 2011. Pola Sebaran, Kondisi Habitat dan Pemanfaatan Siput Gonggong (Strombus turturella) di Kepulauan Bangka Belitung. Oseanologi dan Limnologi di Indonesia, 37(2): 33-353.

Syukri, M., Lestari, F., dan Susiana. 2020. Potensi dan Pola Pemanfaatan Siput Gonggong di Perairan Pulau Kapal Desa Tembeling Kecamatan Teluk Bintan Kabupaten Bintan. Jurnal Akuatiklestari, 3(2):1-10.

Pradana, R.W., Lestari, F., Susiania, S. 2020. Kondisi dan Pola Pemanfaatan Siput Gonggong di Perairan Pulau Penyengat Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kepulauan Riau, Indonesia. Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, 4(2):41-46.

Wijianti, E.S, Nurhadini, dan Saparin. 2016. Peningkatan Kualitas Air Minum Menggunakan Penyaringan Sederhana Berbasis Limbah Cangkang Siput Gonggong Di Desa Kulur Ilir Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 3(2):39-44.

Asriza, R.O, Fabiani, V.A. 2018. Transesterifikasi Minyak Jelantah Menggunakan Katalis Cao dari Cangkang Siput Gonggong (Strombus canarium). Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FT 2018. Pangkal Pinang. 2 Oktober 2018. ISBN: 978-602-61545-0-7. Halaman 197-199.

Sammulia, S,F, Suhaera, dan Ardini, M. 2020. Identifikasi Kalsium Karbonat Dari Limbah Cangkang Siput Gong-Gong (Strombus Turturella) Dengan Metode Wd-Xrf Fussion. Jurnal Katalisator, 5(2):161-168.

Nugraha, S. 2019. Pemanfaatan Kalsium Tepung Cangkang Gonggong (Strombus turturulella) Sebagai Sumber Formulasi Pakan Untuk Gastrolisasi Kepiting Bakau (Scylla spp) Pasca Molting. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepulauan Riau.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.