Pelatihan Analisis Butir Soal Berdasarkan Teori Tes Klasik Berbantuan Iteman untuk Meningkatkan Kualitas Instrumen Penilaian

Ismiyati Ismiyati, Teguh Hardi Raharjo, Tusyanah Tusyanah, Mar'atus Sholikah

Abstract

Pelatihan tentang analisis butir soal berdasarakan teori tes klasik berbantuan software iteman dilatarbelakangi dari pemahaman dan kemampuan para pendidik dalam menganalisis butir soal yang masih rendah sehingga menjadi kendala dalam memberikan proses pembelajaran yang efektif. Untuk itu, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pendidik dalam mengolah data jawaban peserta didik menggunakan aplikasi iteman. Dengan butir soal yang telah dianalisis, para pendidik dapat memberikan soal yang berkualitas dan terukur sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Kegiatan pelatihan analisis butir soal ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan selama satu kali pertemuan dengan total peserta sebanyak 57 orang pendidik di MTs. Tarbiyatul Banin Winong. Metode pelaksanaan ini menggunakan pendekatan partisipatif. Hasil kegiatan diperoleh adanya peningkatan kemauan dan kemampuan para pendidik dalam melakukan pengolahan data dan menganalisa butir soal menggunakan aplikasi iteman. Dengan demikian, kegiatan ini telah menjawab permasalah mitra terkait peningkatan mutu pendidikan melalui evaluasi pembelajaran.

Keywords

analisis butir soal; kualitas pendidikan; pelatihan; software iteman; teori tes klasik

Full Text:

PDF

References

Johnson, D.W dan R.T. Johnson. 2002. Meaningful assessment: a manageable and cooperative process. Allyn and Bacon. Boston.

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Azwar, S. 2013. Tes prestasi: fungsi dan pengukuran prestasi belajar. Pustaka Pelajar. Yokyakarta.

Raykov, T dan Marcoulides, G.A. 2016. On The Relationship Between Classical Test Theory and Item Response Theory: From One to The Other and Back. Educational and Psychological Measurement, 76(2):325-338.

Andrich, D dan Marais, I. 2019. A course in Rasch Measurement Theory: Measuring in the educational, social and health sciences. Springer.

Lababa, L. 2018. Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik: Sebuah Pengantar. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 2(2):29-37.

Merdapi, D. 1998. Analisis Butir dengan Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir. Jurnal Pendidikan, 28(1):25-34.

Hayat, B. Klasik. 2021. Klasika: Program Analisis Item dan Tes dengan Pendekatan Klasik. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 10(1):1-11.

Bazaldua, D.A.L., Lee, Y.S., Keller, B., dan Fellers, l. 2017. Assessing The Performance of Classical Test Theory Item Discrimination Estimators In Monte Carlo Simulations. Asia Pacific Education Review.

Price, L.R. 2017. Psychometric methods: Theory into practice. The Guilford Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.