Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Paguyuban Kampung Bejo Dengan Aplikasi Linktree Dan Media Sos

Andi Lopa Ginting, Lilik Sulistyowati, Fauzi Hafa, Retno Febriyastuti Widyawati

Abstract

Perkembangan perdagangan yang terjadi saat ini adalah efek langsung adanya teknologi. Adanya perkembangan teknologi menjadikan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menawarkan barangnya secara online untuk meningkatkan hasil produknya ke konsumen sehingga akan meningkatkan pendapatannya. Perkembangan teknologi juga memungkinkan lebih banyak konsumen mengetahui produk-produk yang dijual oleh para produsen. Hal ini memudahkan konsumen untuk menemukan informasi tentang barang yang dijual oleh produsen. Program pendukung seperti aplikasi linktree dapat digunakan untuk mengaplikasikan informasi tersebut. Linktree adalah program yang bagus, dimana aplikasi ini bisa membuat tautan link pada satu landing page saja. Namun kenyataannya, banyak UMKM yang tidak menyadari hal tersebut, termasuk UMKM Paguyuban Kampung Bejo di Kelurahan Arjowinangun. Maka, tim pengabdian masyarakat membantu UMKM mengatasi permasalahan dengan memberikan sosialiasi pelatihan strategi pemasaran dengan aplikasi linktree dan media sosiak. Pendekatan dilakukan dengan cara Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh 21 UMKM pada Selasa, 11 Juli 2023 di Kelurahan Arjowinangun. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM sangat bersemangat dan mempraktekkan pembuatan aplikasi Linktree secara langsung. Diharapkan dengan adanya aplikasi Linktree ini dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam menjual produknya sehingga lebih dikenal oleh konsumen dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Keywords

FGD; linktree; media social; pemasaran; UMKM

Full Text:

PDF

References

Hasvia, T. G., Lady, De Utami, N. A., Aulia, G., dan Jones, J. H. 2023. Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish. Jurnal Minfo Polgan, 12(1): 598-610.

Putri, B.R.T. 2017. Manajemen Pemasaran. Fakultas peternakan. Universitas Udayana.

Aryanto, V.D.W dan Wismantoro, Y. 2022. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. PT Kanisius Yogyakarta, Yogyakarta.

Yasin, M.Z. 2021. Umkm dan Upaya Formalisasi Sektor Ekonomi di Indonesia Diakses pada 21 Juni 2023. https://rised.or.id/umkm-dan-upaya-formalisasi-sektor-ekonomi-di-indonesia/.

Harjito, B., Mufidah, F., dan Afifah, L.N. 2021. Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT” di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SEMAR, 11(1):70-75.

Khoziyah, S dan Lubis, E.E. 2021. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal SEMAR, 10(2):104-107.

Woelandari, D.S dan Setyawati, N.W. 2020. Digital dengan Menggunakan Media Sosial Facebook dan Instagram Bagi Industri Rumahan. Jurnal Komunitas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1):1-5.

Kshetri, Anita, dan Bidyanand, Jha. 2016. Online Purchase Intention: A Study of Automobile Sector in India. Review of Integrarive Bussines and Economic Research, 5(3):35-59.

Hariani, E., Widyawati, R.F., dan Dewanti, A.A. 2022. Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Kota Pasuruan dengan Aplikasi LINKTREE. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3):101-108.

Hariani, E., Widyawati, R.F., dan Dewanti, A.A. 2022. Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Kota Pasuruan dengan Aplikasi LINKTREE. Jurnal ABDIRA, 2(3):101-108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.