Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penataan Taman Rumah Tinggal RW 09 Kelurahan Merjosari, Kota Malang

Debora Budiyono, Hendra Kurniawan, Astri Sumiati, Asnah Asnah

Abstract

Taman merupakan bentuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memiliki fungsi ekologis, fisik, sosial budaya, dan ekonomi serta estetika. Taman rumah tinggal RW 09 Kelurahan Merjosari, Kota Malang merupakan kawasan yang memiliki potensi pengembangan taman sebagai RTH. Namun permasalahan yang dijumpai adalah masayarakat masih banyak yang belum memahami bagaimana penataan taman rumah tinggal yang fungsional dan estetika. Tim pengabdi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan untuk melakukan transfer ilmu dan teknologi tentang penataan taman rumah tinggal sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan pada halaman rumah. Metode yang digunakan adalah presentasi dan diskusi antara tim pengabdi dan warga masayarakat RW 09 Kelurahan Merjosari, Kota Malang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan yaitu bentuk pemberdayaan yang diikuti oleh perangkat kelurahan dan Ibu-ibu PKK. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan berlangsung lancar dan semua peserta sangat antusias untuk mengetahui penataan taman rumah tinggal yang fungsional dan estetika.  

Full Text:

PDF

References

Peraturan Mentri dalam Negeri. 2007. Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan. Peraturan Menteri No 1 Tahun 2007.

Asiani, Y. 2007. Pengaruh Kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada Iklim Mikro di Kota Bogor. Tesis. Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Pascasarjana. Universitas Indonesia. Depok.

Maulana, A.F.R dan Sulistyanarso, H. 2019. Strategi Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau Publik Berdasarkan Preferensi Masyarakat di Kecamatan Jambangan, Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 8(2):2337-3539.

Alifia, N. 2016. Identifikasi Letak dan Jenis Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Permukiman Perkotaan. Jurnal Langkau Betamg, 3(2):25-38.

Budiyono, D., Alfian, R., Setyabudi, I., Kurniawan, H., Hastutiningtyas, W.R., Ngaga, H. 2021. Desain Taman Olahraga pada Kawasan Stadion Kejapanan di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 6(1):29-38.

Budiyono, D., Kurniawan, H., Sumiati, A. 2022. Penataan Taman Dan Fasilitas Sekolah TK Islam Al-Ma’Un Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Bermain Dan Belajar Anak, Di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 7(3):249-256.

Budiyono, D., Kurniawan, H., Sumiati, A., Putri, R.S.M., Sri Andika Putri, S.A. 2022. Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pemanfaatan Material Daur Ulang Botol Bekas Untuk Pembuatan Tanaman HiasDengan Media Vertikal Garden Pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 7(1):107-114.

Laurie, M. 1986. Pengantar Arsitektur Pertamanan. Intermata. Bandung.

Forman, R.T.T and Gordon, M. 1986. Landscape Ecology. John Willey & Sons. New York.

Dinas Lingkungan Hidup. 2022. Penataan Taman Kota, Hutan Kota, dan Jalur Hijau Tahun 2019. 240 Halaman.

Kemalawati, A. 2021. Penataan Ruang Untuk Rumah Tinggal. Jurnal Abdimas Akademika, 2(1):20-26.

Kurniawaty, P., Gunawan, A., dan Surjokusumo, S. 2012. Kajian Konsep Desain Taman Dan Rumah Tinggal Hemat Energi. Jurnal Lanskap Indonesia, 4(1):1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.