Perencanaan Gedung TPQ Baburroyyan Sumbermulyo Dalam Mendukung Pendidikan Islam di Lamongan

Hammam Rofiqi Agustapraja, Nur Azizah Affandy, Husen Husen, Abid Muhtarom, Nanto Purnomo, Nur Qomariyah Nawafilah, Azza Abidatin Bettaliyah

Abstract

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) adalah wadah yang digunakan sebagai sarana pendidikan informal terutama dalam pendidikan agama yang biasa menaungi anak-anak di usia Sekolah Dasar. Salah satu TPQ di Sumbermulyo RT. 03 RW. 02 Sukomulyo, Lamongan yang keberadaan sarana dan prasarana membutuhkan perencanaan gedung sebagai wadah aktivitas anak-anak tersebut dan lahan ini berstatus wakaf dengan luas 105 m2. Perencanaan Gedung Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) ini memiliki perencanaan untuk kebutuhan aktivitas tempat parkir pada lantai pertama, kelas mengajar pada lantai kedua, dan aula pada lantai ketiga. Perencanaan ini menggunakan metode observasi di lapangan, dengan cara wawancara kepada pengurus masjid dan pengguna yaitu para guru dan anak anak untuk mengetahui kebutuhan ruang dan dimensi apa saja yang akan direncanakan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan yaitu desain dan rencana yang komprehensif untuk pembangunan gedung dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan gedung TPQ Baburroyyan Sumbermulyo dalam mendukung pendidikan Islam di Lamongan.

Keywords

gedung TPQ Baburroyyan Sumbermulyo; perencanaan gedung; Taman Pendidikan Al-Quran

Full Text:

PDF

References

Hatmansyah. 2017. Strategi dan Metode Dakwah Walisongo. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 3(5):1-10.

Razak, A., Anisa, dan Sari, Y. 2017. Penerapan Konsep Futuristik Pada Bangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramugari dan Pramugara Transportasi Darat, Laut, dan Udara. Jurnal Arsitektur Purwarupa, 1(2):79-83.

Rihadannafis, A., 2020. Persepsi Pengguna Terhadap Aksesibilitas pada Alun-Alun Kabupaten Lamongan. Universitas Brawijaya, Malang.

Silaban, Y.C., Carol, N.J., dan Christina, E., 2021. Analisis Sanitasi, Daya Tahan Struktur, dan Sirkulasi Antar Bangunan Permukiman Kumuh Kampung Tua Tanjung Uma Terhadap Lingkungan. Combines-Conference On Management, Business, Innovation, Education And Social Sciences, 1(1):1815-1822.

Razak, H., Gandarum, N.D., dan Juwana, J.S. 2015. Pengaruh Karakteristik Ventilasi dan Lingkungan Terhadap Tingkat Kenyamanan Termal Ruang Kelas Smpn di Jakarta Selatan The Effect of Ventilation Characteristic And Natural Environment Againts Thermal Comfort of Public Middle School In South Jakarta. AGORA: Jurnal Arsitektur, 15(2):1-18.

Ulumudin, A. 2012. Pengaruh Koordinasi Terhadap Manajemen Proyek untuk Mewujudkan Efektivitas Pelakasanaan Proyek Bina Marga Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Garut 3. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik Ulumudin, 3(1):1-4.

Lutfi, M dan Syaifullah, B.N. 2020. Analisis Kelayakan Bangunan Gedung Pasar Sukasari Bogor Melalui Pendekatan Laik Fungsi Bangunan. Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil, 9(1):14-23.

Sari, I.N. 2017. Record Center Sekolah Vokasi UGM: Analisis Kebutuhan, Rancangan, dan Desain untuk Teaching Industry. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan 1(1):12-13.

Agustapraja, H.R., Qomariyah Nawafilah, N., dan Purnomo, N. 2022. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sistem Pembangkit Listrik Hybrid Bertenaga Surya dan Mikrohidro di Desa Pataan Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat 5(2):140-148.

Agustapraja, H.R., 2021. Analisis Kinerja Angkutan Umum di Terminal Larangan, Sidoarjo. Jurnal Teknik Sipil 7(2):194-206.

Christian, P dan Kamurahan, S.R. 2021. Pengaruh Aplikasi Material Fasade Bangunan Terhadap Upaya Konservasi Energi Dengan Pendekatan Evaluasi Desain Berbasis BIM (Building Information Modeling). Jurnal Arsitektur ZONASI, 4(1):73–83.

Suhermawan, D dan Agustapraja, H.R. 2023. Evaluasi Perbandingan Anggaran Biaya Konstruksi Antara Metode SNI Dengan Metode Kontraktor. Jurnal Teknik, 21(1):92-101.

Ruseno, N dan Satria, S. 2021. Penggunaan 3D Landmark Untuk Pengenalan Masjid Di Kota Bekasi Menggunakan Metode Prototype. KILAT, 10(1):22-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.