Branding Produk Madu Kemlagi Sebagai Potensi Desa Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Nur Maghfirah Aesthetika, Poppy Febriana, Ilmi Usrotin Choiriyah

Abstract

Potensi desa saat ini menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Penelolaan produk unggulan desa yang baik akan memberikan maanfaat untuk warga desa itu sendiri. Desa Kemlagi Kabupaten Mojokerto memililki produk unggulan madu lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk madu dipasaran. Untuk meningkatkan produksi dan penjualan madu ini diperlukan strategi branding yang memadai. Oleh karena itu diadakan pelatihan branding produk madu Kemlagi dengan memberikan pengetahuan dan kemampuan branding pada masyarakat Desa Kemlagi sehingga produk ini memiliki identitas yang dapat diterima oleh pasar. Disamping itu, dalam kegiatan ini juga mengenalkan penggunaan media sosial Instagram untuk membantu dalam promosi produk Madu Kemlagi. 

Keywords

branding; Desa Kemlagi; madu lokal; potensi desa

Full Text:

PDF

References

Hanif, L. 2023. 6 Pentingnya Branding Untuk UMKM Agar Meningkatkan Penjualan. Diakses pada 23 April 2023.

https://blog.rumahweb.com/pentingnya-

branding-untuk-umkm/.

Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Penerbit Bayumedia. Malang.

Nastain, M. 2017. Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Jurnal CHANNEL, 5(1):14-26.

Endang Purwaningsih, E., Suhaeri, Evie Rachmawati Nur Ariyanti, E.R.N. 2020. Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru melalui Reputasi Merek dan Basis Informasi Teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(1):60-69.

Muntazori, A.F., Listya, A., Qeis, M.I. 2019. Branding Produk Umkm Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(3):177-185.

Muntazori, A.F dan Listya, A. 2021. Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. Jurnal SENADA, 1(3):342-351.

Ainun, N., Maming, R., dan Wahida, A. 2023. Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Jesya, 6(1):674- 681.

Femi Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Gusfiani N.F, A., dan Dani Ramdani N.D. 2018. Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. Jurnal ABDIMAS BSI, 1(2):348-354.

Rizqi, S.D. 2019. Perilaku Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Desa Kemlagi Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. UIN Sunan Ampel. Surabaya.

Budianto, E.E. 2022. Mengintip Budi Daya Lebah dan Kampung Madu di Kemlagi Mojokerto. Diakses pada 26 Oktober 2022.

https://www.detik.com/jatim/bisnis/d- 6370292/mengintip-budi-daya-lebah-dan- kampung-madu-di-kemlagi-mojokerto.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.