Penguatan Brand Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Kota Malang Melalui Company Profile Video

Fathul Qorib, Latif Fianto

Abstract

Kampung tematik saat ini telah menjadi salah satu destinasi unggulan di wilayah Kota Malang. Salah satu kampung tematik yang telah lama berdiri adalah Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Namun kampung ini belum mampu mengungguli kampung wisata lainnya yang lebih baru. Karena itu, dibutuhkan branding melalui pembuatan video company profile agar dapat disebarkan melalui berbagai media sosial. Metode pelaksanaan pengabdian ini dimulai dari survei dan pemetaan masalah yang ada di Kampung Keramik, melakukan diskusi dan wawancara dengan Ketua Paguyupan Wisata Kampung Keramik, lalu diputuskan pembuatan video profil. Pra produksi video profil melalui pembuatan script dan story board, casting, penyiapan talent dan aktor. Tahap produksi dilakukan selama satu bulan untuk memperoleh gambar yang menarik. Tahap terakhir adalah pasca produksi yaitu pembuatan profil menggunakan aplikasi Kine Master Pro. Video profil kemudian disebarkan melalui media sosial yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Dinoyo, serta paguyupan yang ada di Kampung Keramik.

Keywords

kampung tematik; kampung wisata keramik Dinoyo; strategi branding; video profil

Full Text:

PDF

References

Mirajanatin, H.P., Sutikno, F.R., dan Sari, N. 2013. Kajian Potensi Pariwisata Perkotaan di Kota Malang Berdasarkan Stakeholder. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 5(1):47–54.

Pemkot Malang. 2021. Tri Bina Cita- Pemerintah Kota Malang. Malangkota.Go.Id. Diakses pada 21 Januari 2023. https://malangkota.go.id/sekilas-malang/tri-bina-cita/.

Barenlitbang Malang. 2019. UKM dan IKM Watermark. Barenlitbang.Malangkota.Go.Id. Diakses pada 21 Januari https://barenlitbang.malangkota.go.id/wp-content/uploads/2019/07/UKM-dan-IKM-Watermark.pdf.

Arifin, S. 2021. Wawancara Pribadi: Sejarah Kampung Wisata Keramik Kota Malang.

Kuntadi. 2019. Kalahkan Migas, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar USD19,2 Miliar : Okezone Economy. Okezone.Com. Diakses pada 22 Januari 2023. https://economy.okezone.com/read/2019/08/22/320/2095457/kalahkan-migas-pariwisata-

Rahma, A.A. 2020. Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1):1-8.

Qorib, F dan Syahida, A.R. 2018. Pola Komunikasi Pariwisata Pengrajin Keramik Di Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Reformasi, 8(2):151-161.

Setiawan, Amalina, N dan Hamid, F. 2014. Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2):184-194.

Qorib, F dan Syahida, A.R. 2018. Decreasing Popularity Of Ceramic Tourism Village Of Dinoyo Malang In New Media Age. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2):31–38.

Aan, A., Kertiasih, N.K., Kertiasih, N.K., Budhayasa, I.P., dan Budhayasa, I.P. 2017. Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 6(2):238.

Purwanto, A. 2014. Pembuatan Video Profil Tempat Wisata Unggulan Di Klaten Sebagai Media Promosi. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 15(3):37-39.

Wiratna, H dan Lakoro, R. 2017. Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Infografis. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2):94-99.

Masthura, F dan Fikriah. 2018. Peran Sektor Pariwisata Terhadap Kesejahteraan dan Pendapatan Warga Lokal (Studi Kasus: Iboih, Sabang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 3(4):615-624.

Sulastri, S. 2020. Pengaruh Pendapatan Sektor Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dan Pertumbuhan Ekonomi Lampung Timur. Fidusia : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 2(2), 13-27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.